Dark/Light Mode

Tokoh Muda Muhammadiyah Nilai Kapolri Berhasil Perbaiki Kepercayaan Publik

Senin, 17 April 2023 05:00 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. (Foto: Ist)
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tokoh Muda Muhammadiyah, Sunanto melihat capaian hasil kinerja Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo adalah bentuk upaya membenahi institusi kepolisian. Sejak diterpa berbagai cobaan dan masalah internal yang dihadapi.

"Jadi kalau menurut saya sangat mengapresiasi itikad dan upaya untuk membenahi kepolisian. Walaupun dengan cobaan yang saya kira tidak kecil tapi juga besar," kata Sunanto saat dihubungi, Minggu (16/4).

Ia mengatakan capaian mentransformasi Polri saat rapat dengan Komisi III DPR, merupakan bentuk buah kesabaran dalam membenahi organisasi. Supaya bisa kembali meningkatkan kepercayaan masyarakat, selepas masalah yang menyita perhatian salah satunya kasus Mantan Kadiv Propam Polri Ferdy Sambo.

"Menurut saya tingkat keberhasilan, itu terhadap apa yang diungkapkan tidak lepas dari upaya membenahi internal perbaikan internal sehingga berdampak perbaikan hukum eksternal. Itu saya kira menjadi kunci keberhasilan Kapolri dalam membangun kepercayaan publik," kata mantan Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah periode 2018-2022 ini.

Baca juga : HNW Ajak Muhammadiyah Bijak Gunakan Hak Pilih

Meskipun demikian, Susanto memperingatkan agar semua capaian yang telah disampaikan Kapolri jangan sampai membuat terlena hingga abay. Karena zaman akan selalu berkembang sehingga penyesuaian terhadap program harus selalu diperhatikan 

"Keberhasilan itu jangan sampai terlena, karena upaya ini pasti disesuaikan dengan upaya yang selama ini menjadi masalah. Sedangkan upaya kedepan, masalah kan selalu berkembang," katanya.

"Maka selalu melakukan transformasi dalam rangka perbaikan itu khususnya mental- mental internal di dalam proses penegakan hukum dan itu akan mempercepat proses kepercayaan kepada publik," tambahnya.

Capaian Kapolri

Baca juga : Menko Polhukam Kunjungi Muhammadiyah, Bahas Pemilu Hingga Korupsi

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo telah menyebutkan sejumlah capaian yang berhasil dilakukan untuk mentransformasi Polri. Capaian itu disampaikan saat rapat kerja dengan Komisi III DPR RI.

"Terkait dengan transformasi pelayanan publik. kami berusaha melakukan perbaikan-perbaikan, contohnya pada saat kami menerima keluhan masyarakat terkait dengan masalah ujian surat izin mengemudi (SIM)," kata Sigi saat rapat di gedung MPR/DPR, Jakarta, Rabu (12/4).

"Kami membuat terobosan dengan memperbolehkan ujian praktik SIM dilaksanakan dua kali, yang tadinya hanya satu kali, dan kemudian kami menyiapkan pelatihan bagi calon peserta yang akan melaksanakan ujian SIM sehingga pada saat melaksanakan ujian betul-betul sudah siap," lanjutnya.

Selain itu, Sigit mengatakan pihaknya juga telah menyiapkan pengamanan dengan menerjunkan 148.884 personel Polri untuk mengawal mudik Idul Fitri 2023. Dimana, langkah ini dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan pemudik tahun ini yang mencapai 123 juta orang.

Baca juga : Buka Puasa dengan Gorengan?Jangan Berlebih, Perhatikan Kesehatan Juga

"Dalam waktu dekat ini kita hadapi adalah mudik Idul Fitri yang dari hasil survei Kemenhub jumlahnya bertambah dari yang awalnya 86 juta menjadi 123 juta. Sehingga tentunya ini juga menjadi perhatian khusus kami," katanya.

"Sehingga kami melibatkan 148.884 personel yang akan kami turunkan untuk laksanakan operasi ini. Karena apabila kami tidak melaksanakan secara optimal potensi terjadinya kemacetan yang luar biasa tentunya akan terjadi," tambahnya.

Selain itu, Sigit juga menjabarkan capaian transformasi juga dilakukan untuk organisasi k Mabes Polri. Salah satunya  penguatan struktur dan penguatan personel yang dilakukan saat zamannya.

"Pada Transformasi Organisasi, kami telah melakukan penguatan struktur Korbrimob Polri, Pusdokkes Polri dan berbagai Satuan Kewilayahan lainnya. Penguatan struktur ini merupakan sebuah upaya guna meningkatkan pelayanan kepolisian, serta juga di satu sisi diharapkan mampu meningkatkan kerja sama antar lembaga maupun antar pimpinannya, baik kerja sama dalam negeri maupun luar negeri," kata Sigit.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.