Dark/Light Mode

Ibukota Baru, Kemenhub Siapkan Transportasi Massal Terintegrasi

Kamis, 29 Agustus 2019 10:02 WIB
Menhub Budi Karya
Menhub Budi Karya

RM.id  Rakyat Merdeka - Sejumlah kementerian bergerak cepat menyiapkan rencana perpindahan ibukota baru, yang telah diputuskan oleh Presiden Jokowi. 

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) misalnya, menyiapkan sejumlah infrastruktur angkutan massal terintegrasi dan ramah lingkungan di ibukota baru Kalimantan Timur.

Baca juga : Kenaikan Impor Nilai Ekspor Putus Rantai Mafia Pangan

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, sejumlah sarana transportasi akan dibangun.

"Di ibukota baru nanti, kami akan siapkan konektivitas transportasi yang terintegrasi antar modanya melalui angkutan massal dan berkonsep ramah lingkungan atau minim emisi," kata dia dalam keterangan tertulisnya, Kamis (29/8).

Baca juga : Ibukota Pindah Ke Kaltim, Toyota Siap Perkuat Jaringan

BKS-sapaan akrab Budi Karya menegaskan, Kemenhub berkomitmen untuk mengutamakan pembangunan infrastruktur transportasi massal agar di ibukota yang baru nanti, angkutan massal menjadi pilihan utama bagi masyarakat untuk bertransportasi. 

"Kita konsisten untuk transportasi berbasis kendaraan massal untuk menekan penggunaan kendaraan pribadi. Kalau pun ada kendaraan pribadi, saya inginkan kendaraan bertenaga listrik yang beroperasi," ujarnya.

Baca juga : MTI: Ibu Kota Baru Perlu Dibangun Transportasi Terintegrasi

Eks  Dirut Angkasa Pura ll ini mengungkapkan, sejumlah infrastruktur transportasi yang akan dibangun dan dikembangkan seperti, Moda Raya Terpadu (MRT), Light Rail Transit (LRT) dan Bus Rapid Transit (BRT). Menhub menilai, ini merupakan pembangunan jangka panjang secara bertahap.

Selain itu, terkait infrastruktur transportasi udara dan laut, Menhub menjelaskan, pengembangan bandara dan pelabuhan akan dilakukan untuk mendukung konektivitas transportasi dari dan ke Kalimantan. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.