Dark/Light Mode

Sekjen Baru PKB Diumumkan Sabtu Malam Ini

Sabtu, 24 Agustus 2019 16:57 WIB
Muhktamar VI Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) beberapa hari lalu di Bali. (Foto: Istimewa).
Muhktamar VI Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) beberapa hari lalu di Bali. (Foto: Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Kebangkitan Bangsa ( PKB) dijadwalkan mengumumkan nama sekretaris jenderal periode 2019-2024 pada Sabtu (24/8/) malam.

Wakil Sekretaris Jenderal PKB demisioner Ahmad Iman mengatakan, nama sekretaris jenderal itu sendiri saat ini masih digodok dalam rapat.

Baca juga : Bulan Depan Polri Luncurkan Smart SIM e-Money

 "Siang sampai malam nanti, para kiai NU, termasuk para kiai Dewan Syuro PKB rapat membahas siapa sekjen PKB," kata Iman.

Iman menuturkan, awalnya PKB akan menghapus posisi sekretaris jenderal. Namun rupanya rencana tersebut terbentur undang-undang. Undang-undang Nomor 2 Tahun 2011 tentang Partai Politik mensyaratkan partai politik harus memiliki sekretaris jenderal.

Baca juga : Begini Cara Telkomsel Dukung Gerakan 1.000 Startup Digital

Iman melanjutkan, kewenangan sekjen pada periode mendatang akan diubah demi mencegah potensi munculnya matahari kembar antara sekjen dan ketua umum.

"Bedanya, sekjen sekarang tidak politis. Dengan kata lain, fungsi dan kewenangannya diarahkan kepada penguatan peran-peran keorganisasian termasuk penataan internal partai," ujar Iman.

Baca juga : Emil Menolak, Anies Pasrah

Sebelumnya, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar menyebut akan menghapus posisi sekretaris jenderal dalam susunan kepengurusan partai periode berikutnya.

"Ada aspirasi tidak ada sekjen. Yang ada direktur eksekutif. Itu aspirasi perubahannya di situ, kata Cak Imin di lokasi Muktamar PKB, Westin Resort, Badung, Bali, Rabu (21/8). [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.