Dark/Light Mode

Jumlah Pemudik Melonjak, Perputaran Uang Di Daerah Diprediksi Rp 92,3 Triliun

Selasa, 18 April 2023 05:01 WIB
Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Bidang Pengembangan Otonomi Daerah Sarman Simanjorang. (Istimewa)
Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Bidang Pengembangan Otonomi Daerah Sarman Simanjorang. (Istimewa)

 Sebelumnya 
Sarman juga berharap, Pemda dapat membantu kelancaran arus mudik dan memastikan para pengusaha di daerah tujuan tidak menaikkan harga hingga jorjoran.

Pasalnya, kondisi ini bisa membuat para pemudik enggan membelanjakan uangnya. Misalnya, tarif masuk ke lokasi wisata, tarif hotel/penginapan, harga makanan/minuman.

Baca juga : Mudik Normal, Pengusaha Ramal Perputaran Uang Di Daerah Bisa Tembus Rp 92,3 T

Dan harga makanan khas daerah atau oleh-oleh, diharapkan tidak mengalami kenaikan yang memberatkan konsumen.

“Pelaku usaha di daerah tujuan mudik harus dapat menciptakan pelayanan yang berkesan dan menyenangkan, sehingga para pemudik tidak ragu membelanjakan uangnya selama liburan,” pesan Sarman.

Baca juga : Mendes PDTT: Idul Fitri Dongkrak Perputaran Uang Di Desa

Selain perputaran uang dari mudik, beberapa daerah juga akan mendapatkan perputaran uang tambahan dari kiriman Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di luar negeri.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.