Dark/Light Mode

Tekan Emisi Karbon

Elnusa Hijaukan 37 Hektare Lahan Di Berbagai Daerah

Kamis, 27 April 2023 11:29 WIB
Sepanjang tahun 2022, sudah banyak aktivitas green action yang dilakukan Elnusa, terutama berupa aksi tanam pohon. (Dok. Elnusa)
Sepanjang tahun 2022, sudah banyak aktivitas green action yang dilakukan Elnusa, terutama berupa aksi tanam pohon. (Dok. Elnusa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Di samping menjalankan aktivitas operasi perusahaan, PT Elnusa Tbk, melakukan berbagai langkah green action dalam kegiatan operasinya. Salah satunya melalui aksi tanam pohon di berbagai wilayah di Tanah Air.

Kegiatan ini juga sejalan dengan transisi energi hijau di Indonesia sesuai dengan peta jalan menuju Net Zero Emission/NZE pada tahun 2060 atau lebih cepat.

Manager of Corporate Communications Elnusa Jayanty Oktavia Maulina, menegaskan bahwa dalam upaya mendukung terwujudnya ketahanan energi nasional, Elnusa tidak melupakan arti penting lingkungan demi keberlanjutan bisnis Perusahaan.

Karena itu, Elnusa telah menyiapkan rencana kegiatan operasi Perusahaan serta tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) yang berwawasan lingkungan.

Baca juga : Cegah Penumpukan Kendaraan, Pelabuhan Ciwandan Kembali Dioperasikan

“Elnusa sangat peduli terhadap masa depan bumi ini, untuk itu berbagai kegiatan green action rutin dilakukan oleh Perusahaan demi membantu Pemerintah dalam upaya dekarbonisasi sesuai dengan target Net Zero Emission pada tahun 2060,” ucap Jayanty.

Diuraikan olehnya, sepanjang tahun 2022 sudah banyak aktivitas green action yang dilakukan Elnusa, terutama berupa aksi tanam pohon.

Tercatat ada 38 kegiatan penanaman pohon yang dikerjakan Elnusa sepanjang tahun lalu.

Jenis tanaman dan pohon yang ditanam mulai dari tanaman obat, tanaman hias, tanaman pertanian, pohon-pohon buah, hingga pohon ketapang cendana dan mangrove.

Baca juga : Pesan Jokowi: Kalau Ketemu Lansia, Sebaiknya Pakai Masker

Secara total, area yang berhasil dihijaukan Elnusa sekitar 37 hektar yang tersebar di berbagai daerah, mulai dari Aceh Barat, Gorontalo, Minahasa Selatan, Sibolga, Sumbawa Barat, Kutai Timur, Bima, Kolaka, Kota Baru, Dumai, Palopo, Muna, Balikpapan, Tapanuli Tengah

Selain itu, di Samarinda, Nias, Manggarai, Bengkulu, Tapanuli Utara, Makassar, Belitung, Tanah Bumbu, Mataram, Ogan Komering ilir, Toli-toli, Parigi Moutong, Kendari, Gunung Sitoli, Pangkal Pinang, Pare-pare, Morowali Utara, Padang, tangerang selatan, Minas, hingga Pekanbaru.

Selain menanam pohon, aksi hijau lainnya yang dilakukan Elnusa di area sekitar wilayah kerja Perusahaan antara lain memberikan bibit tanaman, pupuk tanaman, pestisida, instalasi hidroponik, sampai ruang hijau kepada masyarakat sekitar.

Termasuk memberikan informasi positif kepada masyarakat tentang arti penting menjaga lingkungan.

Baca juga : Kebakaran Di Korsel, 500 Warga Dievakuasi, 170 Hektare Lahan Dilalap Si Jago Merah

Berbagai elemen masyarakat pun turut dilibatkan Perusahaan, dari pihak desa/kelurahan, kelompok tani, sekolah-sekolah, hingga menggandeng Seasoldier, sebuah Non-Governmental Organization (NGO) independen yang aktif mengajak anak-anak muda untuk peduli terhadap lingkungan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.