Dark/Light Mode

Keterisian Capai 90 Persen

Libur Lebaran Kerek Okupansi Hotel BUMN

Minggu, 30 April 2023 07:30 WIB
Direktur Utama PT Hotel Indonesia Natour, Christine Hutabarat. (Foto: Ist).
Direktur Utama PT Hotel Indonesia Natour, Christine Hutabarat. (Foto: Ist).

 Sebelumnya 
Christine berharap, momen­tum peningkatan okupansi hotel terus terjaga sepanjang tahun, tidak hanya pada momentum tertentu.

Apalagi dengan semakin maraknya kegiatan kepariwisataan yang akan berlangsung di selu­ruh wilayah Indonesia.

Sementara, Direktur Utama HIG Rizal Kasim menyampai­kan, pada libur Lebaran 2023, hotel di wilayah Bali men­jadi highest performance untuk okupansi dibandingkan hotel jaringan HIG di region lainnya, dengan rata-rata okupansi men­capai 90 persen.

Baca juga : Katering Jemaah Haji 30 Persen Produk Indonesia

“Bali masih yang tertinggi. Lalu, di posisi tertinggi kedua pada region Jawa, dengan rata-rata okupansi sebesar 70 persen,” katanya, melalui siaran pers, Jumat (28/4).

Selain itu, hotel di wilayah Nusa Tenggara juga mengalami peningkatan okupansi dengan tingkat hunian tertinggi yaitu Hotel Meruorah Komodo Labuan Bajo sebesar 75 persen.

Di susul hotel di region Sumatera, okupansinya juga mengalami peningkatan dengan tingkat hunian tertinggi yaitu Hotel Khas Parapat sebesar 95 persen.

Baca juga : Operasional MRT Jakarta Selama Libur Lebaran, Cek Disini Jam Operasionalnya

“Hal serupa, juga terjadi di hotel region Kalimantan dan Su­lawesi ada peningkatan tingkat hunian yang signifikan,” akunya.

Selain HIN yang tergabung dalam ekosistem holding pari­wisata dan pendukung atau InJourney, terdapat PT ITDC yang juga mencatatkan occupancy rate di Kawasan The Nusa Dua, kawasan pariwisata Bali, yang tumbuh signifikan selama libur Lebaran.

General Manager The Nusa Dua I Gusti Ngurah Ardita mengatakan, okupansi liburan kali ini lebih baik dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

Baca juga : KAI Sediakan Vaksin Booster Gratis Untuk Pemudik

Hal ini terlihat dari tingkat okupansi di Kawasan The Nusa Dua, selama periode libur Leba­ran pada 19-25 April 2023 ter­catat mencapai 78,37 persen.

“Angka ini, meningkat 13,58 persen dibandingkan tingkat okupansi pada libur Lebaran 2022 yang sebesar 69 persen. Dan meningkat jauh dibanding tingkat okupansi libur Lebaran 2021, yang hanya sebesar 11,14 persen,” beber Ardita melalui siaran pers, Kamis (27/4).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.