Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

Lewat Energy Station Academy

Pertamina Tingkatkan Skill Operator SPBU Di Bidang Layanan Dan Keselamatan Kerja

Jumat, 12 Mei 2023 09:34 WIB
Operator dan pengawas SPBU tengah menjalani simulasi khusus di lapangan. (Dok. Pertamina Patra Niaga).
Operator dan pengawas SPBU tengah menjalani simulasi khusus di lapangan. (Dok. Pertamina Patra Niaga).

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebagai upaya mengoptimalisasi layanan dan keselamatan operasional di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), PT Pertamina Patra Niaga menginisiasi program Energy Station Academy. Sebuah program pendidikan khusus operator dan pengawas SPBU Pertamina.

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting mengatakan, Energy Station Academy menghadirkan instruktur dan praktisi yang mumpuni untuk memberikan materi yang menunjang operasional di SPBU.

Seperti pengetahuan produk BBM, Standar Operasional Prosedur (SOP) Pertamina Way, pelayanan pelanggan, promosi, kebersihan, dan K3L (Kesehatan, Keselamatan, Keamanan dan Lingkungan).

Energy Station Academy menjadi wadah untuk meningkatkan kompetensi operator SPBU sebagai garda terdepan perusahaan dalam penyaluran produk BBM untuk masyarakat.

Melalui pelatihan ini, diharapkan para operator dapat meningkatkan kompetensi dan semangat melayani konsumen.

Baca juga : Bertahap, Pertamina Terapkan Full Registran Dan Full QR Di Regional Jawa Bagian Barat

"Sehingga konsumen setia Pertamina dapat semakin aman dan nyaman saat bertransaksi, dan semakin mudah mendapatkan produk-produk berkualitas Pertamina,” ungkap Irto.

Turut fokus pada praktik K3L dengan melalukan simulasi langsung di lapangan, Irto menambahkan, program Energy Station Academy diharapkan dapat mencegah keadaan bahaya, sekaligus mengasah kemampuan dan kesigapan personel di SPBU untuk menangani keadaan kahar, jika suatu saat terjadi.

Karakter industri migas sangat high risk, sehingga praktek langsung di lapangan menjadi penting untuk meningkatkan kompetensi operator di bidang safety.

"Kami ingin memastikan bahwa operasional harian maupun lingkungan SPBU aman. Serta meminimalisir resiko kedaan darurat," tambah Irto.

Manfaat dari pelatihan tersebut dirasakan oleh Zahra Aulia, salah satu operator SPBU Pertamina dari 27 peserta Energy Station Academy.

Baca juga : Ganjar Optimis Mafia Tanah Hilang Dan Konflik Lahan Berkurang

Zahra mengatakan dirinya kini memahami pentingnya penerapan SOP yang baik agar konsumen memperoleh pelayanan yang optimal.

“Pelatihan yang sudah saya lakukan ini sangat berkesan, seru, dan juga banyak ilmu yang didapat oleh saya sebagai peserta pelatihan. Dari pelatihan ini, saya akan pastikan kepada pelanggan bahwa SPBU yang didatangi sudah sesuai dengan takarannya, kualitasnya, dan pelayanannya,” ungkap Zahra yang bertugas sebagai operator SPBU Pertamina di Tol Cipularang KM 88A.

Selain itu, salah satu peserta yang merupakan operator SPBU Tol Jakarta-Cikampek KM 19B, Feri Santria, mengatakan pelatihan ini juga menambah wawasannya terkait pentingnya implementasi keselamatan kerja di lapangan.

“Selain mengetahui SOP yang baik dan benar seperti apa, saya juga mendapat wawasan terkait dengan penanganan jika terjadi kebakaran, seperti cara mengoperasikan Alat Pemadam Api Ringan atau APAR. Mulai dari cara membuka pengunci, cek tekanannya, dan bagaimana kita harus mengarahkan selangnya serta jangan melawan arah angin,” sebut Feri.

Pertamina Patra Niaga akan mengikutsertakan SPBU Pertamina yang baru beroperasi ke dalam program Energy Station Academy.

Baca juga : Pertamina Hulu Sanga Sanga Temukan Sumber Daya Dan Cadangan Migas Baru

Sehingga SPBU dapat memberikan pelayanan yang lebih optimal kepada masyarakat dan meningkatkan loyalitas pelanggan.

Jika masyarakat membutuhkan informasi seputar produk dan layanan SPBU Pertamina, dapat menghubungi Pertamina Call Center 135.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.