Dark/Light Mode

Wow, Perusahaan Indonesia-Ceko Garap Rudal Pertahanan Udara

Rabu, 19 April 2023 21:36 WIB
Presiden Joko Widodo mengajak Perdana Menteri Ceko, Petr Fiala, berkeliling Kebun Raya Bogor, Provinsi Jawa Barat, Selasa, 18 April 2023. (Foto BPMI Setpres/Rusman)
Presiden Joko Widodo mengajak Perdana Menteri Ceko, Petr Fiala, berkeliling Kebun Raya Bogor, Provinsi Jawa Barat, Selasa, 18 April 2023. (Foto BPMI Setpres/Rusman)

RM.id  Rakyat Merdeka - Perdana Menteri (PM) Ceko Petr Fiala sowan ke Presiden Joko Widodo di Istana Bogor, Selasa (18/4). Pada kesempatan tersebut, kedua pemimpin membahas berbagai isu. Seperti pendidikan, pertahanan, dan energi terbarukan menjadi pembahasan utama.

Dalam kunjungan kerja kali ini, PM Ceko didampingi para pengusaha dari Praha dalam rangka mengikuti Indonesia-Czech Business Forum 2023 yang di gelar di Hotel Kempinski, Jakarta (18/4).

Baca juga : Komisi VII DPR: Divestasi Vale Indonesia, Wujud Pelaksanaan Konstitusi

Indonesia-Czech Business Forum 2023 ini dihadiri juga oleh perwakilan dari Kadin sebagai mitra counterpart di Indonesia. 

Pada kesempatan ini, di hadapan PM Ceko,  Czechoslovak Group bersama Republikorp Indonesia kembali melanjutkan kerja sama nya di bidang pengembangan alutsista (alat utama sistem persenjataan) dengan menandatangani Strategic Cooperation Agreement dalam joint-production  Rudal Pertahanan Udara Kompleks Jarak Menengah ADS-400.

Baca juga : Berkat Green Loan Proyek Ketenagalistrikan Di Indonesia Timur, PLN Raih Penghargaan Dari ADB

ADS-400 adalah rudal pertahanan udara kompleks yang dilengkapi rudal, peluncur, dan radar yang digunakan sebagai sistem senjata untuk melindungi sebuah wilayah dari serangan pesawat udara generasi ke lima, helikopter, UAV dan rudal jelajah.

ADS-400 memiliki jangkauan deteksi hingga 470 km dan jangkauan rudal hingga 100km. Sistem rudal teranyar ini dikembangkan Roketsan (Turki) dan Retia (Ceko) dengan menggandeng Republikorp sebagai mitra industri dalam negeri untuk kerja sama produksi dan integrasi lokal.

Baca juga : Pertama Di Indonesia, airasia ride Luncurkan Inovasi Fitur Pemesanan Terjadwal Antar Negara

“Kerja sama ini semakin hari semakin strategis, sebagai wujud persahabatan kami yang tulus dengan Republik Indonesia, kami akan terus membesarkannya,” papar Milos Sivara, CEO dari Excalibur International perusahaan eksportir pertahanan dari Republik Ceko yang merupakan bagian dari Czechoslovakgroup a.s.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.