Dark/Light Mode

Indonesia Mesir Teken Kontrak Rp 12,8 T

Top, Zulhas Sukses Pimpin Misi Dagang

Rabu, 17 Mei 2023 06:45 WIB
Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan (kedua kiri) bersama Menteri Perdagangan dan Industri Mesir, Ahmed Samir Saleh (kedua kanan) menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) Pembentukan Komite Perdagangan Bersama atau Joint Trade Committee (JTC) di Kairo, Mesir, Senin (15/5). (Foto: Dok. Kemendag).
Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan (kedua kiri) bersama Menteri Perdagangan dan Industri Mesir, Ahmed Samir Saleh (kedua kanan) menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) Pembentukan Komite Perdagangan Bersama atau Joint Trade Committee (JTC) di Kairo, Mesir, Senin (15/5). (Foto: Dok. Kemendag).

RM.id  Rakyat Merdeka - Misi dagang yang dipimpin Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan ke Mesir membuahkan hasil. Kedua negara menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) alias Nota Kesepahaman. Bakal ada potensi transaksi sebesar 859 juta dolar AS atau sekitar Rp 12,8 triliun.

Hal itu dikatakan Zulhas-sapaan Zulkifli Hasan, usai menandatangani MoU dan Join Trade Commitee (JTC) bersama Menteri Perdagangan dan Indus­tri Mesir Ahmed Samir Saleh di Kairo, Mesir.

“Misi dagang ini berasal dari penandatanganan MoU antara pebisnis kedua negara. MoU imbal dagang, serta penjajakan kesepakatan dagang,” kata Zul­has, kemarin.

Menurut Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) itu, transaksi ini masih berpeluang bertambah. Sebab, para pelaku usaha masih menindaklanjuti permintaan dari calon mitra dagang yang telah dipertemukan dalam penjajakan kesepakatan dagang.

Dia juga menyebut, potensi transaksi sebesar Rp 12,88 triliun itu meliputi berbagai produk utama atau unggulan Indonesia.

Baca juga : Mendag Zulhas Dan Mendag Mesir Teken JTC, Capai Kontrak Dagang Rp 12,88 Triliun

“Capaian ini momentum Indonesia untuk terus fokus menggarap pasar nontradisional. Khususnya di kawasan Afrika,” ujarnya.

Kegiatan misi dagang Mesir diikuti 12 pelaku usaha Indo­nesia dan menghadirkan 120 pelaku usaha Mesir.

Eks anggota DPR ini menjelas­kan, dalam misi dagang pada 14-16 Mei tersebut, kedua negara telah menandatangani potensi kerja sama perdagangan yang lebih besar lagi melalui JTC.

JTC merupakan forum bilateral antara Indonesia dan Mesir yang bertujuan untuk mempro­mosikan dan meningkatkan kerja sama perdagangan kedua negara.

Penandatanganan MoU JTC dilakukan usai pertemuan bilateral kedua menteri di Kairo, Mesir, Senin (15/5).

Baca juga : Indonesia Dan Rusia Teken MoU Kerja Sama Di Bidang Hukum

Forum JTC dapat diman­faatkan secara optimal untuk mengidentifikasi berbagai po­tensi peningkatan perdagangan kedua negara. Sekaligus menjadi wadah penyelesaian hambatan perdagangan yang berorientasi pada kepentingan bersama.

Zulhas mengatakan, sebelum penandatanganan MoU pem­bentukan JTC, kedua menteri membahas terkait peningka­tan hubungan perdagangan kedua negara. Di antara sejumlah isu, turut dibahas kemungkinan dimulainya pembahasan Preferential Trade Agreement (PTA), serta kerja sama dalam skema imbal dagang secara business to business (b to b).

“Saya mendorong tim teknis kedua negara untuk memulai penjajakan kemungkinan pem­bahasan PTA antara Indonesia dan Mesir,” jelasnya.

Menteri Ahmed Amir Saleh meyakini JTC menjadi awal dari upaya peningkatan kerja sama yang lebih erat.

Dia mengakui, Indonesia merupakan negara mitra penting bagi Mesir. Karena itu, hubungan perdagangan harus ditingkatkan ke level yang lebih tinggi.

Baca juga : Dubes RI Cairo Saksikan Teken Kontrak Pembelian 120 Ton Jahe Gajah

Kedua negara memproyeksi­kan JTC dapat menjadi media yang mengakomodasi aspirasi dan masukan dari komunitas pelaku usaha kedua negara.

Kata Ahmed, Mesir dapat men­jadi hub bagi Indonesia untuk me­masuki pasar Afrika dan Timur Tengah,” kata Ahmed. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.