Dark/Light Mode

Kadin Minta Pembiayaan Sektor Transportasi Dipermudah

Selasa, 3 September 2019 21:11 WIB
Kadin menggelar diskusi tentang transportasi. (Foto: ist)
Kadin menggelar diskusi tentang transportasi. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia bidang Perhubungan meminta agar pembiayaan layanan transportasi bisa dikerjasamakan dengan swasta.

Komite Tetap Kadin Perhubungan Bidang Perhubungan Laut Nova Y. Mugijanto mengatakan, pelaku usaha di sektor transportasi berharap mendapat skema pembiayaan yang sama dengan infrastruktur. Memiliki tenor atau jangka waktu pengembalian yang panjang dan bersuku bunga kompetitif. 

Baca juga : Ini Masukan Emak-emak Buat Transportasi Ibu Kota

Sementara, saat ini skema pembiayaan sektor transportasi dalam negeri masih berjangka waktu pendek dengan beban bunga tinggi. Untuk itu, diharapkan agar kerja sama dengan swasta bisa membantu sektor transportasi nasional. 

Apalagi, kata Nova, sektor transportasi merupakan sektor usaha yang padat modal dan karya dengan tingkat pengembalian investasi yang panjang. “Karena itu butuh skema pembiayaan dengan jangka waktu yang panjang. Kami mengusulkan agar angkutan barang dan penumpang dapat dimasukkan sebagai pendanaan infrastruktur seperti dalam PMK No. 100/PMK 010/2009,” jelasnya di Jakarta, Selasa (3/9).

Baca juga : Pasca Rusuh, Menhub Pastikan Transportasi Udara Di Papua Sudah Lancar

Wakil Ketua Umum Kadin bidang Perhubungan Carmelita Hartono mengatakan, salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah dengan memberi jaminan penyediaan dana yang memadai. Baik berupa investasi maupun sarana dan prasarana pendukungnya. 

Untuk itu, dia mendorong agar sektor transportasi bisa dikerjasamakan dengan swasta. “Pengembangan sistem transportasi yang andal, efisien, dan berdaya saing akan menstimulus pembangunan di bidang ekonomi,” katanya. [KPJ]

Baca juga : Tak Ada Prestasi Tanpa Pembinaan Usia Dini

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.