Dark/Light Mode

Hujan Menambah Khidmat Pengibaran Sang Merah Putih di Belanda

Minggu, 18 Agustus 2019 08:45 WIB
Dubes RI untuk Kerajaan Belanda, I Gusti Agung Wesaka Puja, saat menjadi Inspektur Upacara HUT RI ke-74 di Sekolah Indonesia Den Haag di Wassenaar, Sabtu (17/8). (Foto: KBRI Belanda)
Dubes RI untuk Kerajaan Belanda, I Gusti Agung Wesaka Puja, saat menjadi Inspektur Upacara HUT RI ke-74 di Sekolah Indonesia Den Haag di Wassenaar, Sabtu (17/8). (Foto: KBRI Belanda)

RM.id  Rakyat Merdeka - Langit mendung dan rintik hujan menambah suasana khidmat Upacara Hari Ulang Tahun ke-74 Republik Indonesia yang diselenggarakan di Sekolah Indonesia Den Haag (SIDH) di Wassenaar, Sabtu (17/8) pukul 10.00 waktu setempat.

Upacara tersebut diikuti oleh lebih dari 500 peserta yang terdiri dari masyarakat Indonesia, siswa-siswi SIDH, diaspora Indonesia, friends of Indonesia, veteran, para tamu undangan, Darma Wanita Persatuan dan seluruh keluarga besar KBRI Den Haag.

Duta Besar (Dubes) RI untuk Kerajaan Belanda, I Gusti Agung Wesaka Puja, yang bertindak selaku Inspektur Upacara, menyampaikan beberapa hal penting dalam amanatnya. Pertama, ucapan terima kasih kepada Tuhan YME. Atas rahmat-Nya, peringatan kemerdekaan RI ke-74 dapat dirayakan di Belanda.

Dubes Wesaka Puja juga memanjatkan rasa syukurnya atas kelancaran pemilu luar negeri di Belanda pada 13 April yang lalu. Pemilu 2019 disebut sebagai “The world’s largest direct presidential election”.

Baca juga : Masyarakat Indonesia Khidmat Peringati Detik-Detik Proklamasi di Bangkok

Dalam kesempatan ini, Dubes Wesaka Puja juga menyampaikan terima kasihnya kepada warga Indonesia di Belanda, yang telah rela antre selama 3-4 jam di tengah dinginnya suhu udara di Belanda. Juga kepada para warga Indonesia, yang aktif terlibat sebagai Panitia Pemilihan Luar Negeri dan Pengawas Pemilu Luar Negeri.

Dalam kesempatan tersebut, Dubes Wesaka Puja juga menyampaikan Lima Visi Presiden Jokowi untuk membangun Indonesia di periode kedua pemerintahannya. Yakni keberlanjutan pembangunan infrastruktur, prioritas pada pembangunan sumber daya manusia, kemudahan investasi, reformasi birokrasi, dan APBD tepat sasaran.

Bercermin dari Lima Visi tersebut, KBRI Den Haag telah menjalankannya dan memperoleh sejumlah capaian. Di bidang investasi, Belanda merupakan negara terbesar penanam investasi langsung ke Indonesia. Di bidang perdagangan, Indonesia mencatatkan surplus perdagangan bilateral dengan Belanda. Di bidang pariwisata, wisatawan Belanda yang berkunjung ke Indonesia terus menunjukkan peningkatan setiap tahunnya. Di bidang ekonomi kreatif dan kebudayaan, aktif mendorong upaya people to people contact dan mempromosikan Indonesia, melalui berbagai kegiatan KBRI di Belanda.

KBRI Den Haag tahun ini juga telah sukses mengadakan Interfaith Dialogue keenam yang diikuti oleh berbagai pemuka agama dan tokoh masyarakat, pada Juni lalu.

Baca juga : Keakraban Saat Persiapan Kurban Idul Adha di Yordania

Di akhir amanatnya, Dubes Wesaka Puja menyampaikan pentingnya semangat kebersamaan di antara masyarakat Indonesia di Belanda. Ia mengimbau WNI di Belanda, untuk selalu terus berkontribusi aktif bagi Indonesia dengan mengenyampingkan kepentingan pribadi maupun asal usul, dan secara bersama-sama memikirkan masa depan bangsa.

Dua puluh dua siswa-siswi SIDH bertindak sebagai Pasukan Pengibar Bendera Merah Putih melangkah dengan tegap, mantap, dan tegas memasuki lapangan upacara. Pengibaran Bendera Merah Putih dilaksanakan dengan khidmat. Peserta upacara menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Setelah upacara pengibaran bendera selesai, acara dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng, penampilan aubade dari siswa dan siswi SIDH diiringi paduan suara dari Dharma Wanita Persatuan serta guru SIDH, dan penampilan paduan suara Gitabumi Voices yang baru menjuarai Grand Prix of Nations Gothenburg 2019.

Pada kesempatan berikutnya, setelah pemberian beberapa penghargaan, acara dilanjutkan dengan santap siang bersama, atraksi pencak silat, perlombaan, tarian poco-poco serta foto bersama. KBRI Den Haag berharap, momentum Peringatan Hari Ulang Tahun ke-74 RI dapat menjaga semangat nasionalisme warga Indonesia di Belanda, dan semakin menanamkan rasa cinta terhadap Tanah Air.

Baca juga : Tongseng Kambing Semarakkan Silaturahmi di Kopenhagen

Selain itu, peringatan HUT ke-74 RI ini dapat mempererat tali persaudaraan warga Indonesia di Belanda. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.