Dark/Light Mode

Kembangin Peternakan Sapi Modern, Bos Bapanas Belajar Ke Brazil

Jumat, 19 Mei 2023 13:35 WIB
Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi mengunjungi fasilitas pengolahan daging sapi terintegrasi hulu hilir JBS Frigorifico di Lins, Sao Paulo, Brazil, Kamis (17/5). (Foto: Badan Pangan Nasional)
Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi mengunjungi fasilitas pengolahan daging sapi terintegrasi hulu hilir JBS Frigorifico di Lins, Sao Paulo, Brazil, Kamis (17/5). (Foto: Badan Pangan Nasional)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas), Arief Prasetyo Adi mengatakan, Indonesia harus mulai mengembangkan peternakan sapi modern untuk memenuhi kebutuhan daging nasional.

Hal tersebut dikatakannya saat kunjungan ke fasilitas pengolahan daging sapi terintegrasi hulu hilir JBS Frigorifico di Lins, Sao Paulo, Brazil, Kamis (17/5). 

Baca juga : Tenang, Meski Marak Serangan Siber, Dana Nasabah Tetap Aman

Arief mengatakan, varietas sapi dengan proporsi karkas yang tinggi juga harus menjadi bagian dari pengembangan peternakan modern. Sejalan dengan hal tersebut, juga perlu dikembangkan rumah pemotongan hewan yang terintegrasi untuk meningkatkan efisiensi industri sapi. 

“Kami optimis pemenuhan kebutuhan daging sapi yang selama ini sebagian masih dipenuhi dari impor dapat dikurangi,” ujarnya.

Baca juga : Menang Pemilu, Erdogan Siap Tarung Di Pilpres Putaran Kedua

Sebagai informasi, JBS Frigorifico merupakan pabrik terbesar yang ada di Amerika Selatan dengan total pegawai mencapai 6.800 orang. Adapun produk yang dihasilkan meliputi daging, organ sapi, olahan daging sapi seperti hamburger patty, bakso dan corned beef, pengolahan kulit sapi, dan biodiesel.

Setiap hari perusahaan ini menyembelih 1.150 ekor sapi dengan perkiraan nilai produksi sebesar 7,5 juta Real Brazil atau setara Rp 22,5 triliun.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.