Dark/Light Mode

Tunjuk 8 UMKM Terbaik, Forum Kapnas Jabanusa Pamerkan Produk Unggulan

Sabtu, 27 Mei 2023 16:37 WIB
Forum Kapasitas Nasional III 2023 wilayah Jawa, Bali, Madura dan Nusa Tenggara (Jabanusa) yang dihelat SKK Migas di Surabaya. (Foto: Dok. SKK Migas)
Forum Kapasitas Nasional III 2023 wilayah Jawa, Bali, Madura dan Nusa Tenggara (Jabanusa) yang dihelat SKK Migas di Surabaya. (Foto: Dok. SKK Migas)

RM.id  Rakyat Merdeka - Forum Kapasitas Nasional III 2023 wilayah Jawa, Bali, Madura dan Nusa Tenggara (Jabanusa) yang dihelat SKK Migas di Surabaya menghadirkan 17 pelaku usaha kecil dan menengah binaan perusahaan operator migas atau KKKS (Kontraktor Kontrak Kerja Sama).

Mereka hadir dengan beragam produk unggulan, seperti makanan olahan, produk fesyen, batik, kerajinan tangan, serta produk kesehatan dari ramuan tradisonal.

Baca juga : Cek Jalan Rusak, Jokowi: Jangan Sampai Jalur Logistik Dan Produksi Terganggu

Selama kegiatan yang berlangsung mulai 22 sampai 24 Mei 2023, panitia penyelenggara melakukan kurasi dan penilaian untuk mencari yang terbaik dengan berbagai kategori.

Berdasarkan penilaian, UMKM Krupy Gresik binaan Petronas terpilih sebagai UMKM dengan kemasan terbaik.

Baca juga : KPK Tetapkan 2 Tersangka Baru Kasus Suap Pengurusan Perkara Di MA

“Kami bersyukur, kelompok kami bisa terpilih sebagai salah satu yang terbaik. Nggak menyangka bisa mendapat predikat ini,” kata Tri Rahmaningsih, salah satu pengelola kelompok usaha Krupy Gresik.

Menurutnya, pada awalnya kelompok usaha yang mayoritas anggotanya kaum pemempuan di Desa Kramat, Kecamatan Bunga,

Baca juga : Katering Jemaah Haji 30 Persen Produk Indonesia

Kabupaten Gresik ini fokus mengembangkan ragam makanan olahan dari hasil laut seperti udang dan ikan. Karena pasarnya lokal, kemasan dibuat dengan sederhana saja.

“Kemudian ada pendampingan dari Petronas. Mereka memfasilitasi macam-macam pelatihan, seperti perluasan pemasaran, pengaturan proses pembuatan makanan, serta pengemasan yang lebih higienis," ujar Tri.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.