Dark/Light Mode

Raih 22 Penghargaan Airport Council International

Wow, Bandara-bandara AP II Terbaik di Asia Pasifik

Kamis, 5 September 2019 08:45 WIB
Para penerima Penghargaan Airport Council International berfoto bersama dalam acara Customer Experience Global Summit di Nusa Dua, Bali, Rabu (4/9). (Foto: Humas AP II)
Para penerima Penghargaan Airport Council International berfoto bersama dalam acara Customer Experience Global Summit di Nusa Dua, Bali, Rabu (4/9). (Foto: Humas AP II)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II semakin memperkuat posisi sebagai salah satu operator bandara terbaik di Asia Pasifik, setelah berhasil meraih penghargaan bergengsi dari Airport Council International (ACI).

ACI adalah satu-satunya perwakilan global dari otoritas bandara di dunia, yang mengembangkan standar, kebijakan serta pelatihan untuk meningkatkan standar bandara di seluruh dunia.

Rabu (4/8), ACI secara resmi memberikan total 22 penghargaan Airport Service Quality Award 2018 kepada enam bandara yang dikelola AP II. Penghargaan tersebut diberikan dalam acara Customer Experience Global Summit 2019 yang digelar di Nusa Dua, Bali, dan dihadiri oleh para pemimpin operator bandara di dunia. Termasuk, Direktur Operasi dan Pelayanan Angkasa Pura II Ituk Herarindri.

Enam bandara AP II berhasil meraih penghargaan, setelah melalui proses survei Airport Service Quality yang digelar oleh ACI. Survei itu dilakukan terhadap penumpang pesawat di 380 bandara, yang ada di 90 negara.

Bandara-bandara Angkasa Pura II yang berhasil meraih penghargaan Airport Service Quality Award 2018 itu adalah:

Baca juga : INKA Bangun Pabrik KA Terbesar se-Asia Tenggara di Banyuwangi

Bandara Sultan Syarif Kasim IIPekanbaru 

  1. Best Airport by Size and Region (2-5 juta penumpang di Asia Pasifik)
  2. Best Environment and Ambience by Size (2-5 juta penumpang)
  3. Best Customer Service by Size (2-5 juta penumpang)
  4. Best Infrastructure and Facility by Size (2-5 juta penumpang) 

Bandara Sultan Mahmud Badaruddin IIPalembang

  1. Best Airport by Size and Region (2-5 juta penumpang di Asia Pasifik)
  2. Best Environment and Ambience by Size (2-5 juta penumpang)
  3. Best Customer Service by Size (2-5 juta penumpang)
  4. Best Infrastructure and Facility by Size (2-5 juta penumpang)

Bandara Sultan Thaha – Jambi

  1. Best Airport by Size and Region (di bawah 2 juta penumpang di Asia Pasifik)
  2. Best Environment and Ambience by Size (di bawah 2 juta penumpang
  3. Best Customer Service by Size (di bawah 2 juta penumpang)
  4. Best Infrastructure and Facility by Size (di bawah 2 juta penumpang)

Bandara Depati AmirPangkalpinang

  1. Best Airport by Size and Region (di bawah 2 juta penumpang di Asia Pasifik)
  2. Best Environment and Ambience by Size (di bawah 2 juta penumpang)
  3. Best Customer Service by Size (di bawah 2 juta penumpang)
  4. Best Infrastructure and Facility by Size (di bawah 2 juta penumpang)

 Bandara SilangitSiborong-borong

  1. Most Improved Airport in Asia-Pacific - Best Environment and Ambience by Size (di bawah 2 juta penumpang)
  2. Best Customer Service by Size (di bawah 2 juta penumpang)
  3. Best Infrastructure and Facility by Size (di bawah 2 juta penumpang)

Baca juga : BRI Borong Penghargaan Corporate Governance Asia

Bandara Raja Haji FisabilillahTanjung Pinang

  1. Best Environment and Ambience by Size (di bawah 2 juta penumpang)
  2. Best Infrastructure and Facility by Size (di bawah 2 juta penumpang)

Presiden Direktur AP II Muhammad Awaluddin mengatakan, penghargaan tertinggi Airport Service Quality 2018 dari ACI ini merupakan hasil dari transformasi pelayanan, yang sudah dilakukan perseroan sejak 3 tahun lalu.

Awaluddin mengatakan, transformasi pelayanan itu antara lain didukung oleh pengembangan infrastruktur fisik dan penerapan teknologi informasi, disertai dengan peningkatan sumber daya manusia.

"Kombinasi antara pengembangan infrastruktur, pemanfaatan IT, dan peningkatan human resources, membuat bandara-bandara AP II beroperasi dengan efisien dan efektif. Serta memiliki standar pelayanan tinggi, yang kemudian diakui penumpang pesawat. Sehingga, kami berhasil meraih penghargaan dari ACI," ungkap Awaluddin.

"Kami selalu berupaya agar bandara-bandara yang dikelola AO II dapat membawa nama harum Indonesia, di industri penerbangan global. Penghargaan dari ACI ini juga semakin membuat kami optimis, bahwa AP II dapat mewujudkan road map Go Global,” sanbungnya.

Baca juga : KPSN Minta PN Banjarnegara Paksa Sekjen PSSI untuk Hadir Sidang

Satu bandara yang berhasil meraih penghargaan dari ACI ini adalah Bandara Silangit yang meraih gelar Most Improved Airport in Asia-Pasific.

Penghargaan yang diraih Silangit ini tak lepas dari dukungan pemerintah, yang tengah mengembangkan pariwisata di kawasan Danau Toba. Silangit tercatat sebagai bandara yang paling dekat dengan kawasan Danau Toba. Presiden Joko Widodo pun beberapa kali menyempatkan untuk meninjau Bandara Silangit. Kepala Negara juga meresmikan terminal baru Bandara Silangit pada November 2017.

“Bandara Silangit saat ini masih terus dikembangkan, untuk mendukung Danau Toba sebagai salah satu destinasi wisata utama di Indonesia,” pungkas Awaluddin. [HES]

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.