Dark/Light Mode

Teten : UMKM Dan Startup Indonesia Bisa Belajar Dari Kesuksesan Korsel

Senin, 29 Mei 2023 17:44 WIB
Menkop Teten Masduki (ketiga kanan) saat di acara perayaan 50 tahun hubungan diplomatik antara Korea Selatan dan Indonesia. (Foto: Dok. Kemenkop UKM)
Menkop Teten Masduki (ketiga kanan) saat di acara perayaan 50 tahun hubungan diplomatik antara Korea Selatan dan Indonesia. (Foto: Dok. Kemenkop UKM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Munculnya fenomena Korean Wave, layak dijadikan tolak ukur dalam hal pengembangan ekonomi kreatif di Indonesia.

Hal tersebut menurut Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki yang perlu dipelajari oleh pada pelaku UMKM dan startup di Indonesia.

Teten yang baru-baru ini melakukan kunjungan kerja ke Seoul, Korea Selatan mrngatakan, kunjungan tersebut bertujuan untuk melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri UKM dan Startups (MSS) Korea Selatan Hong Jong-hak, sekaligus hadir dalam acara perayaan 50 tahun hubungan diplomatik antara Korea Selatan dan Indonesia.

Baca juga : Jalin Silaturahmi, Warga Filipina Di Indonesia Gelar Pinoy Fiesta

Ia mengatakan, Korea Selatan merupakan negara yang menjadi tolok ukur dalam mengembangkan UMKM dan startup.

Hal ini terlihat dari ekosistem startup yang sudah sangat berkembang di Korea Selatan. Indonesia dapat belajar banyak dari Korea Selatan karena Indonesia merupakan negara ranking 6 dengan startup terbanyak di dunia.

“Kami sangat mengapresiasi Pemerintah Korea Selatan yang telah menjalin hubungan kerja sama yang baik dengan Indonesia, kerja sama ini sangat berguna dan akan kami lanjutkan ke depannya,” ucap Menteri Teten, Senin (29/5).

Baca juga : Orang Muda Ganjar Luncurkan Produk Kopi Pemoeda

Selain melakukan pertemuan dengan Menteri MSS Korea, Menteri Teten juga berkunjung ke beberapa inkubator startup yang tersebar di Kota Seoul.

Salah satu yang dikunjungi adalah TIPS Town, yang merupakan lembaga inkubator yang diinisiasi oleh Pemerintah Korea Selatan yang berperan dalam memfasilitasi startup dalam mendapatkan investasi dari venture capital.

Selain itu, kunjungan juga dilakukan ke Seoul Startup Hub yang merupakan lembaga yang didirikan oleh Pemerintah Kota Seoul untuk mendukung pengembangan startup.

Baca juga : Wujudkan Generasi Indonesia Berkarakter, Kemendikbudristek Bangun Kolaborasi

Lembaga ini tidak hanya memberikan program mentorship dan pembiayaan bagi startup, tetapi juga menyediakan sarana teknologi bagi startup untuk membuat inovasi produk sesuai dengan permintaan pasar.

Sebagai lembaga yang didirikan oleh pemerintah, Seoul Startup Hub juga berperan dalam membangun ekosistem startup dari sisi dukungan kepada startup, tetapi juga membantu pemerintah dalam menyusun kebijakan yang tepat bagi pengembangan startup.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.