Dark/Light Mode

Menggagas Fikih Siyasah Indonesia (5)

Pengalaman Suksesi Abu Bakar

Senin, 22 Mei 2023 06:00 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengalaman suksesi dari Nabi ke Abu Bakar relatif lebih mulus karena faktor senioritas dan kewibawaan seorang Abu Bakar di masa hidupnya yang begitu setia dan telaten mendampingi Nabi.

Namun, suksesi dari Abu Bakar ke Umar ibn Khatthab terdapat beberapa masalah, sehingga model suksesi Nabi tidak bisa diterapkan pada masa suksesi Abu Bakar ke Umar.

Abu Bakar As-Sidiq yang bernama asli Abdullah ibn Abi Quhafah, adalah khalifah pertama dalam sejarah politik dunia Islam.

Baca juga : Pengalaman Suksesi Nabi

Ia merupakan sahabat senior dan paling awal memeluk agama Islam (al-sabiqun al-awwalun).

Ia lahir bersamaan dengan tahun kelahiran Nabi Muhammad SAW pada 572 M di Mekah. Ia juga berasal dari suku Quraisy dari keturunan Bani Taim.

Abu Bakar menjabat khalifah hanya dua tahun. Karena faktor usia, dia jatuh sakit dan pada akhirnya wafat pada tanggal 23 Agustus 634 di Madinah.

Baca juga : Adakah Standar Suksesi Politik Dalam Islam?

Beliau dimakamkan di samping makam Rasullullah SAW. Sebelum wafat, Abu Bakar menyadari rumitnya proses suksesi Nabi yang pernah dialaminya di dalam pertemuan di Bani Tsaqifah, maka sekalipun dalam keadaan sakit, ia menyempatkan untuk memusyawarahkan bakal penggantinya kelak jika seandainya dipanggil Allah SWT.

Dalam masa pemerintahannya, banyak dirongrong oleh pemberontakan, seperti pemberontakan Musailimah al-Kazzab yang mengklaim diri sebagai Nabi.

Ia juga menghadapi kolektor zakat swasta yang tidak berhak, apalagi mereka tidak meneruskannya ke Baitul Mal untuk disalurkan ke ashnaf yang berhak.

Baca juga : Situasi Setelah Nabi Wafat

Gelombang murtad juga menjadi tantangan tersendiri bagi pemerintahan Abu Bakar karena setelah Nabi wafat banyak kabilah kembali ke ajaran dan tradisi lamanya.

Meskipun memerintah hanya dua tahun, tetapi Abu Bakar berhasil membuat pengamanan kelompok Muhajirin untuk menjadi suksesor sesudah kepergian Nabi Muhammad SAW.

Kelihatannya Umar juga sudah dipersiapkan oleh Abu Bakar karena begitu banyak kepercayaan yang diberikan kepada Umar di dalam menangani persoalan krusial di dalam masyarakat.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.