Dark/Light Mode

Kerek Layanan Kereta Bandara Dan Permudah Penumpang

Stasiun Manggarai Dan Bekasi Akan Layani Check-in Pesawat

Selasa, 30 Mei 2023 06:45 WIB
Menteri Perhubungan (Men­hub) Budi Karya Sumadi bersama Pelaksana Jabatan (Pj) Gubernur DKIJakarta Heru Budi Hartono menggelar rapat membahas upaya peningkatan layanan kereta bandara, di Ja­karta, Minggu (28/5). (Foto: Dok. Kemenhub).
Menteri Perhubungan (Men­hub) Budi Karya Sumadi bersama Pelaksana Jabatan (Pj) Gubernur DKIJakarta Heru Budi Hartono menggelar rapat membahas upaya peningkatan layanan kereta bandara, di Ja­karta, Minggu (28/5). (Foto: Dok. Kemenhub).

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah terus berupaya meningkatkan layanan kereta api (KA) bandara. Salah satunya, berencana memberikan layanan check-in pesawat di Stasiun Bekasi dan Manggarai.  

Menteri Perhubungan (Men­hub) Budi Karya Sumadi ber­sama Pelaksana Jabatan (Pj) Gubernur DKIJakarta Heru Budi Hartono menggelar rapat membahas upaya peningkatan layanan kereta bandara, di Ja­karta, Minggu (28/5).

Sebelum rapat, BKS-sapaan akrab Budi Karya bersama Heru dan beberapa pejabat terkait mengecek layanan KA bandara dengan me­naikinya dari Stasiun Manggarai menuju Stasiun Bandara Soekarno-Hatta (Soetta). Kemudian, rom­bongan kembali menuju Stasiun Sudirman Baru (BNICity) meng­gunakan KA Inspeksi, selanjutnya menggelar rapat.

Baca juga : Ganjar Muda Padjajaran Benahi Lapangan Bola Persinga

Pada rapat tersebut, mereka membahas bagaimana upaya Pemerintah meningkatkan kapasitas, memperluas jang­kauan dan mengintegrasikan berbagai moda transportasi massal lainnya.

“Hal penting lainnya, mengupayakan bagaimana tarif ang­kutan massal bisa lebih ter­jangkau bagi masyarakat yang akan menuju Bandara Soetta, maupun sebaliknya di wilayah Jabodetabek,” ungkap BKS.

Turut hadir dalam rapat, Dirjen Perkeretaapian Kemenhub Risal Wasal, Direktur Utama (Dirut) PT Kereta Api Indonesia (KAI) Didiek Hartantyo, Dirut PT Angkasa Pura (AP) II Muham­mad Awaluddin, Dirut PT KAI Commuter Suryawan Putra Hia, Kepala Dinas Perhubungan DKISyafrin Liputo dan jajaran Wali Kota Pemerintah Provinsi (Pem­prov) DKI Jakarta.

Baca juga : Top, Muda-Mudi Berprestasi Jatim Kebagian Beasiswa Kewirausahaan

BKS mengungkapkan, kereta api menjadi salah satu angkutan yang dapat diandalkan untuk me­layani mobilitas warga dari Jabo­detabek menuju ke Bandara Soetta. Sebab, kereta api adalah moda yang tepat waktu, nyaman dan bisa menjangkau setiap tempat.

Dia mengatakan, salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan layanan kereta api dari dan ke Bandara Soetta adalah dengan menyedia­kan counter check-in dan bagasi di stasiun kereta api. Hal ini akan memudahkan masyarakat yang akan menuju bandara maupun sebaliknya.

“Orang yang akan ke bandara atau sebaliknya pasti membawa barang. Kami akan pikirkan ba­gaimana check-in itu tidak perlu di bandara, tetapi bisa di stasiun Manggarai atau Bekasi. Begi­tupun sebaliknya dari bandara, bisa ambil barangnya di stasiun tujuan. Kemudahan-kemudahan ini yang akan kami upayakan,” tutur BKS.

Baca juga : Waka BPIP: Agama Dan Pancasila Satu Kesatuan

Upaya lainnya untuk meningkatkan layanan KA bandara, yaitu meningkatkan jumlah KA dari yang saat ini berjumlah 40 trainset menjadi 56 trainset.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.