Dark/Light Mode

DCI Indonesia Dan Salim Group Topping Off Data Center Tier IV

Selasa, 30 Mei 2023 17:12 WIB
(Dari kiri) Direktur PT Datacenter Indonesia Sukses Perkasa Ricky Garyati, Perwakilan dari Salim Group Reginald Hamdani, President Director PT DCI Indonesia Toto Sugiri dan Senior Advisor PT DCI Indonesia J.C Gani berbincang saat acara Topping Off Data Center Tier IV Pertama di Pusat Kota Jakarta, Selasa (30/5). (Foto: Ist)
(Dari kiri) Direktur PT Datacenter Indonesia Sukses Perkasa Ricky Garyati, Perwakilan dari Salim Group Reginald Hamdani, President Director PT DCI Indonesia Toto Sugiri dan Senior Advisor PT DCI Indonesia J.C Gani berbincang saat acara Topping Off Data Center Tier IV Pertama di Pusat Kota Jakarta, Selasa (30/5). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT DCI Indonesia Tbk (DCI) dan PT Datacenter Indonesia Sukses Perkasa (DISP) melakukan acara topping off Fasilitas Pusat Data Tepi atau edge data center E1 milik PT DISP, yang berlokasi di Ariobimo Sentral, Jakarta Selatan.

Acara topping off E1 ini menandai kesuksesan penyelesaian konstruksi gedung pusat data, yang merupakan wujud nyata komitmen dan kolaborasi antara DCI Indonesia dan Salim Group dalam menyediakan layanan edge data centerbagi para pelaku industri guna mendukung pertumbuhan digital ekonomi di Indonesia. 

Pusat Data E1 merupakan bagian dari DCI Platform yang memiliki kapasitas daya sebesar 18 MW dan dilengkapi sekitar 4.000 rak dalam struktur berlantai 11 dan luas gedung 30.000 m2. E1 juga akan menjadi  data center Tier-IV pertama di pusat kota Jakarta yang akan segera beroperasi di akhir tahun 2023.

Baca juga : 15 Wakil Indonesia Siap Tempur Di Thailand Open, Ini Daftar Pemainnya

"Kami sangat bangga dapat terus memperluas DCI Platform melalui penyelesaian pembangunan data center E1'' ujarSenior Advisor, PT. DCI Indonesia Tbk, J.C Gani.

Data center E1 merupakan data center yang memiliki klasifikasi tertinggi, yaitu Tier IV, yang merupakan pusat data pertama di pusat kota Jakarta. E1 akan menyediakan fasilitas infrastruktur yang handal, aman dan dengan latency yang rendah untuk memenuhi kebutuhan digitalisasi yang terus berkembang dari para klien.

Pusat data E1 memiliki rute fiber ganda dan beragam yang menjamin konektivitas yang handal dan redundant. Selain itu, lokasinya yang strategis dekat dengan IIX (Cyber 1) dan Open-IX (IDC Duren Tiga) sehingga memungkinkan interkoneksi yang cepat, efisien dan meningkatkan kinerja jaringan.

Baca juga : Kapten Dan 2 Pemain Asing Persita Bertahan Hingga 2026

Di era perkembangan digital saat ini, para pelaku industri memanfaatkan layanan cloud, IoT, Artificial Intelligence, dan teknologi yang baru berkembang untuk dapat terus bersaing di pasar. Untuk itu, kehadiran data center E1 dapat memenuhi permintaan infrastruktur data center yang dekat dengan pengguna. 

Pelaku industri akan merasakan manfaat yang sangat besar dari sisi kebutuhan penyimpanan, pemrosesan dengan kualitas operasional yang handal dan pertukaran data dengan latensi rendah dan performa tinggi.

Hadir juga dalam Topping Off Data center E1, Salim Group Representative, Reginald Hamdani. Menurutnya, pembangunan gedung data center ini merupakan realisasi kerjasama kedua yang berhasil dijalankan oleh DCI dan Salim Group dalam meningkatkan digitalisasi di Indonesia dengan hadir lebih dekat dengan penggunanya. 

Baca juga : KOI Yakin Indonesia Bakal Cetak Sejarah

“Dengan adanya data center di pusat kota diharapkan bisa menyediakan layanan yang lebih memadai dari sisi low latency dan konektivitasnya,” katanya.

Dengan beroperasinya E1 di akhir tahun, DCI Platform mempunyai 2 hyperscale data center dan 1 edge data center, dengan kapasitas total potensi kapasitas daya maksimum yang dapat mencapai 918 MW. Konstruksi E1 sampai dengan tahap topping off yang memakan waktu kurang lebih 5 bulan menunjukkan kapabilitas kolaborasi yang berhasil mempercepat ekspansi DCI Platform sebagai bagian dari komitmen DCI dalam memperluas skalabilitas layanan infrastruktur data center dengan operasional terbaik melalui pembangunan data center lainnya di waktu yang mendatang, termasuk di pusat kota.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.