Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

BRI Liga 1 Indonesia

Riko Janji Kasih Banyak Assist Di Persija

Senin, 1 Mei 2023 13:33 WIB
Riko Simanjuntak (diangkat). (Foto : Persija)
Riko Simanjuntak (diangkat). (Foto : Persija)

RM.id  Rakyat Merdeka - Keberhasilan Persija Jakarta meraih runner up BRI Liga 1 musim 2022/2023 tak lepas dari aksi Riko Simanjuntak. Sebagai raja assist, Riko dikenal sebagai individu yang luar biasa, cepat, lincah, operan akurat, dan naluri gol yang tajam.

Dalam 30 kali penampilannya di musim lalu, Riko berhasil mencetak lima gol. Koleksi golnya itu membuat ia menjadi pemian lokal tersubur di Persija.

Dipuji Riko justru merendah. “Tentu bukan karena saya saja, semua itu bisa terjadi karena kolaborasi dari teman-teman. Kami semua mencoba bagaimana mengembangkan diri agar bisa menjalankan semua arahan taktikal yang diinginkan pelatih,” ucap Riko.

Pemain bernomor punggung 25 itu pun menyebutkan dia memiliki tugas tambahan sebagai pemain senior untuk membimbing juniornya.

Baca juga : Ini Profil Kiper Timnas Filipina Yang Gabung PSS Sleman

“Kita semua tahu bagaimana determinasi pelatih (Thomas Doll) untuk mengangkat tim ini menjadi lebih baik. Sebagai pemain senior, sudah menjadi tugas saya untuk membimbing pemain yang lebih muda agar bisa ikut dalam perkembangan tim,” ujar Riko.

Selain mencetak lima gol, pemain kelahiran Pematang Siantar 31 tahun yang lalu itu pun turut menyumbang sembilan assist. Dengan jumlah tersebut, Riko menjadi pemain paling banyak memberikan assist untuk Persija.

Riko berkata bahwa memberikan umpan untuk rekan satu timnya memang sudah menjadi pekerjaannya selama ini.

“Hal itu bukan pekerjaan yang baru buat saya. Saya harap di musim mendatang bisa tetap melakukan tugas itu (assist) dan memberikan kontribusi yang lebih baik lagi untuk Persija,” tutur Riko.

Baca juga : Madura United Gaet Pelatih Klub Elit Brasil

Dengan ambisi seperti itu, Riko selalu ingin memberi tantangan kepada diri sendiri agar bisa selalu memunculkan jiwa kompetitifnya.

“Saya selalu menantang diri saya sendiri setiap harinya. Dengan memasuki umur 30 tahun ini berarti saya pun memiliki pengalaman yang bisa ditampilkan di lapangan. Selagi dua kaki ini bisa bergerak maka akan memberikan yang terbaik untuk Persija,” kata mantan pemain Semen Padang FC itu.

Dibalik determinasinya yang  tinggi, ternyata sosok orang tua menjadi pendukung nomor satu bagi Riko.

“Keluarga saya, terutama orang tua, mereka selalu ada saat performa saya sedang tidak bagus. Mereka selalu memberikan motivasi, mendoakan, dan memberikan keyakinan untuk saya. Itu semua menjadi sumber tenaga yang tak ternilai,” tutur Riko.

Baca juga : Susahnya Joko Susilo Cari Striker Lokal Di Malang Raya

Selain keluarga, kiper sekaligus kapten Andritany Ardhiyasa dan bek tengah Maman Abdurahman menjadi teman curhatnya selama di Persija.

“Semua pemain tentunya saling mendukung. Tapi kalau ingin bicara spesifik, kapten (Andritany) dan Maman mungkin yang paling banyak membantu. Pada saat saya underperform mereka kasih motivasi dan membantu agar saya  bisa kembali ke top-perform,” ucap Riko

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.