Dark/Light Mode

Bangun Ekonomi Digital Dunia

TelkomGroup Hadirkan NeuCentrIX Data Center

Jumat, 6 September 2019 11:00 WIB
Gedung TelkomGroup Jakarta.
Gedung TelkomGroup Jakarta.

RM.id  Rakyat Merdeka - TelkomGoup mempercepat pembangunan ekosistem digital di Indonesia dengan membangun data center melalui neuCentrilX. 

Data center ini diharapkan mampu menggerakkan perekonomian digital di Indonesia hingga negara-negara dunia

Direktur Wholesale and International Services Telkom Edwin Aristiawan menerangkan, neuCentrIX merupakan data center yang terkoneksi dengan network Telkom maupun operator lain, baik domestik maupun global. 

Content provider domestik katanya cukup mengunakan layanan neuCentrIX di kota terdekat dan dapat merasakan manfaat akses global.

Baca juga : Infrastruktur Jaringan Bisa Jadi Resep Manjur

"NeuCentrIX merupakan neutral data center yang terkoneksi ke berbagai service dan network provider dari seluruh dunia,” ujar Edwin saat menghadiri Indonesia Convention Cloud dan Data Center 2019 di Hotel Shangri-La, Jakarta (5/9). 

Indonesia Cloud dan Data Center Convention 2019 merupakan event para pelaku bisnis di dunia cloud berdiskusi dan bertukar pikiran. 

Pada konvensi tersebut, Telkom secara khusus menampilkan neuCentrIX, salah satu brand data center yang dikelola oleh TelkomGroup.

Saat ini, neuCentriX terdapat di 17 lokasi, di 11 kota di dalam negeri, 3 lokasi di Singapura dan 1 lokasi di Hong Kong. NeuCentrIX dibangun dengan fasilitas kelas dunia yang memenuhi standar internasional. 

Baca juga : Telkomsel Bangun Ekosistem Digital Di Daerah Calon Ibukota Baru

Hal ini untuk mengakomodasi peluang pasar konten provider di regional yang terhubung dengan 260 juta masyarakat Indonesia, serta jutaan lainnya melalui keberadaan 65 point of presences di seluruh penjuru dunia yang dikelola anak perusahaan Telkom yakni Telin.

NeuCentrIX sendiri merupakan bagian dari inisiatif TelkomGroup untuk menjadikan Indonesia sebagai Global Digital Hub.  Hal ini diwujudkan dengan menyelesaikan proyek Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL) Indonesia Global Gateway (IGG) yang menyambungkan sistem kabel dari dua benua, yakni Eropa dan Amerika.

 Salah satu implementsi strategis dari Global Digital Hub diwujudkan dengan tersedianya data center guna mendukung dan mempercepat pembangunan ekosistem digital di Indonesia.

Kehadiran neuCentrIX sebagai jaringan data center diharapkan mampu menggerakkan perekonomian digital tidak hanya bangsa Indonesia namun juga dunia. 

Baca juga : Meski Ekonomi Stabil, Sri Mul Tetap Waspadai Perang Dagang

Karenanya, lanjut Edwin peran neuCentrIX sangat kuat untuk menjadikan Indonesia sebagai penghubung dan hub internet dunia.

"Kami percaya bahwa kehadiran Telkom pada konvensi ini akan bermanfaat tidak hanya bagi Profesional IT dalam memperoleh pengetahuan terbaru mengenai teknologi clouddan data center, tetapi juga akan menambah wawasan mengenai perkembangan cloud dan data center di Indonesia,” ujar Edwin. (NOV)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.