Dark/Light Mode

Lippo Karawaci Terapkan ESG Demi Pertumbuhan Berkelanjutan

Sabtu, 10 Juni 2023 06:38 WIB
Chief Executive Officer LPKR John Riady/Ist
Chief Executive Officer LPKR John Riady/Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR) berkomitmen mengejar pertumbuhan berkelanjutan demi memberikan dampak positif berskala besar. Tak hanya bagi pemegang saham, tetapi juga seluruh masyarakat Indonesia.

Hal itu disampaikan Group Chief Executive Officer (CEO) LPKR John Riady dalam acara Pimpinan Redaksi Gathering di Jakarta, Kamis (8/6) sore.

John menegaskan, pihaknya telah memiliki agenda keberlanjutan tahun 2030. Seperti meningkatkan kualitas hidup, peduli terhadap lingkungan, berinvestasi pada Sumber Daya Manusia (SDM) dan mengedepankan praktik terbaik.

"Kita harus tahu apa yang menjadi target dalam 5 atau 10 tahun ke depan. Makanya, kami berkomitmen mencapai serangkaian target Lingkungan, Sosial dan Tata Kelola (ESG/Environmental, Social and Governance) yang akan mendorong kinerja keberlanjutan perusahaan," ujarnya.

Baca juga : Relawan Kenalkan Ganjar Lewat Pelatihan Memanah Di Palembang

LPKR melakukan penyempurnaan struktur tata kelola keberlanjutan dengan memformalkan peran dan tanggung jawab Komite ESG.

Perusahaan juga membentuk Grup Pengarah ESG serta Fungsi Keberlanjutan Grup untuk mengkoordinasikan alur kerja ESG di seluruh tingkatan dan unit bisnis.

LPKR telah mengambil langkah untuk mengintegrasikan risiko dan peluang iklim ke dalam sistem manajemen risiko perusahaan dan strategi bisnis. Hal ini sejalan dengan rekomendasi TCFD (Task Force on Climate-related Financial Disclosures).

Dalam hal meningkatkan kualitas hidup, menurut John, pihaknya berupaya menyediakan hunian terjangkau dengan harga di bawah Rp 2 miliar, serta menyediakan layanan kesehatan yang mudah diakses.

Baca juga : MedcoEnergi Pastikan Bangun Strategi Bisnis Berkelanjutan

"Saat ini, kami memiliki 41 rumah sakit dan 66 klinik yang tersebar di seluruh Indonesia," katanya.

Sebagai platform real estate dan layanan kesehatan di Indonesia, pihaknya mengaku merasakan dampak yang ditimbulkan dari pandemi Covid-19.

Kendati begitu, John mengakui Indonesia menjadi salah satu negara yang mampu dan berhasil menghadapi masa pandemi dengan baik. Keberhasilan Indonesia menghadapi pandemi juga terlihat dari ekonomi yang tetap tumbuh positif.

Pertumbuhan tersebut salah satunya didukung dari program atau kebijakan hilirisasi yang diimplementasikan Pemerintah. 

Baca juga : Kerja Sama Traveloka Dengan WRI Dan BEM Undip Untuk Pariwisata Berkelanjutan

"Dulu kan hanya jual (komoditas), ekspor bahan mentah, nggak ada nilai tambahnya. Sekarang ada hilirisasi dan ini berjalan baik. Rupiah kuat, inflasi rendah, ekonomi positif. Inilah efek domino dari kebijakan yang dikeluarkan Pemerintah," ungkap John.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.