Dark/Light Mode

Pemerintah Pasang Listrik Gratis Untuk Ribuan Warga Jawa Timur

Minggu, 11 Juni 2023 12:58 WIB
Pemerintah Pasang Listrik Gratis Untuk Ribuan Warga Jawa Timur

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bersinergi dengan DPR dalam Program Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL).

Tahun 2022 lalu, tercatat sebanyak 80.000 rumah tangga mendapat BPBL di seluruh Indonesia dengan 18.071, di antaranya untuk masyarakat Jawa Timur.

Tahun ini direncanakan penerima BPBL di seluruh Indonesia mencapai 125.000 penerima. Program BPBL merupakan program bantuan sambungan listrik baru untuk masyarakat yang kurang mampu.

Diharapkan dengan adanya program inisiatif Komisi VII DPR RI kesejahteraan masyarakat akan meningkat.

"Program BPBL ini inisiatif murni dari anggota DPR Komisi VII yang direspon positif oleh negara. Dampak dari program ini adalah dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ujar Anggota Komisi VII DPR, Sartono saat meresmikan Program BPBL di Desa Bediwetan, Kecamatan Bungkal, Kabupaten Ponorogo, pada Sabtu (10/6).

Baca juga : Pemerintah Tak Lagi Wajibkan Masker, Prof. Tjandra Kasih Catatan Ini...

Menurut Sartono, pertumbuhan ekonomi masyarakat harus disertai dengan keadilan yang merata termasuk hak mendapatkan penerangan yang juga harus dirasakan orang-orang di perdesaan.

"Kita cari program apa yang berdampak ke masyarakat, ini (Program BPBL) salah satunya," tutur Sartono.

Sementara itu, Direktur Pembinaan Pengusahaan Ketenagalistrikan Havidh Nazif menyampaikan capaian realisasi penerima BPBL di Provinsi Jawa Timur.

"Realisasi penerima BPBL di Provinsi Jawa Timur tahun 2022 sebanyak 18.071 sambungan rumah tangga atau 22,5% dari total bantuan pemasangan se-Indonesia," ujar Havidh.

Ia menambahkan, pada tahun 2023 direncanakan penerima BPBL di seluruh Indonesia mencapai 125.000 penerima.

Baca juga : Pemerintah Pastikan Beri Hak Sama Semua Atlet Di Indonesia

Jumlah ini meningkat dari capaian 80.183 dari target 80.000 pada tahun 2022. Havidh melanjutkan, masyarakat penerima program BPBL akan mendapatkan bantuan berupa instalasi listrik rumah berupa 3 titik lampu dan 1 kotak kontak, pemeriksanaan dan pengujian instalasi Sertifikat Laik Operasi (SLO), penyambungan ke PLN serta token listrik pertama.

"Pemasangan instalasi listrik dalam program ini sudah tersertifikasi secara teknis jadi aman. Kita ingin berikan rasa aman bagi masyarakat ketika memanfaatkan listrik," tuturnya.

EVP Penjualan dan Pelayanan Pelanggan Retail PT PLN (Persero) Tonny Bellamy menyatakan, komitmen PLN dalam mendukung program BPBL.

"PLN berkomitmen untuk pemerataan akses listrik dan percepatan penyediaan akses listrik bagi seluruh masyarakat. Ini sejalan dengan kebijakan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem," ujar Tonny.

Mandiri dengan Instalasi Listrik Sendiri Purnomo (40), petani dari Desa Bediwetan menyampaikan rasa terima kasihnya karena ia mendapatkan bantuan pasang baru listrik. Sebelumnya, ia menyalur ke rumah orangtua.

Baca juga : Bisnis Penerbangan RI Bakal Makin Bergairah

"Saya nggak enak menyalur listrik terus, kalau punya listrik sendiri jadi mandiri," katanya.

Bapak dua anak ini merupakan buruh tani musiman. Ia bercerita terkadang bertani selama tiga bulan tapi terkadang menganggur, sedangkan istrinya ibu rumah tangga.

"Saya merasa terbantu dapat bantuan listrik ini, jadi gak numpang. Lebih enak punya sendiri," Purnomo menyampaikan. Purnomo merupakan salah satu penerima manfaat BPBL.

Kementerian ESDM menugaskan PT PLN (Persero) untuk melaksanakan kegiatan pengadaan dan pemasangan BPBL

Tahun Anggaran 2022. Penerima BPBL merupakan rumah tangga yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), berdomisili di daerah Terluar, Terdepan, dan Tertinggal (3T); dan/atau layak menerima BPBL berdasarkan validasi kepala desa/lurah atau pejabat yang setingkat.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.