Dark/Light Mode

Dorong Inovasi, Cladtek Miliki Lebih Dari 50 Persen TKDN

Senin, 12 Juni 2023 20:02 WIB
PT Cladtek BI Metal Manufacturing (Cladtek), sudah memenuhi standar TKDN dalam negeri. (Dok. Cladtek)
PT Cladtek BI Metal Manufacturing (Cladtek), sudah memenuhi standar TKDN dalam negeri. (Dok. Cladtek)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Cladtek BI Metal Manufacturing (Cladtek), memberikan perhatian penuh terhadap upaya pemenuhan rantai pasokan Dalam Negeri yang diukur dalam Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN)nya.

Secara teknis, Perusahaan multinasional yang menggeluti dunia perpipaan dan komponen aksesori di industri minyak dan gas yang beroperasi di Batam ini, sudah memenuhi standar dan digunakan oleh global player.

"Cladtek sudah memenuhi standar TKDN dalam negeri," tegas Group Chief Operating Officer and SVP The APAC Region Cladtek Christopher K. Anandaganeshan dalam keterangan tertulis Senin (12/6/2023).

Christopher menegaskan, Cladtek tidak akan menyia-nyiakan dukungan penuh pemerintah yang memberikan insentif terhadap TKDN tertentu, dimasukkan dalam proses produksi pada pelbagai jenis industri.

Baca juga : MIPI Dorong Generasi Emas 2045 Miliki Wawasan Kepemimpinan Global

Pihaknya berkomitmen mengembangkan inovasi-inovasi produknya dalam rangka meningkatkan TKDNnya demi mendapatkan sertifikasi yang sesuai dengan apa yang diharapkan oleh pemerintah.

Sejauh ini kata dia, ada puluhan produk Cladtek berhasil mencapai angka TKDN sekitar belasan persen, hingga lebih dari 50 persen, tergantung jenis produknya.

Dengan portofolio yang mencakup produk cladding weld overlay untuk pipa, fittings, flange dan mechanically lined pipe (MLP) untuk pipa, serta Hot Induction Bending dan semua komponen terkait, Cladtek berharap akan terus meningkatkan sertifikasi TKDN-nya sesuai dengan kebijakan pemerintah.

Menurut Christopher, sesungguhnya tradisi inovasi sudah berkembang lama di Cladtek. Sejak berdiri 20 tahun lalu, Cladtek selalu memberi ruang kepada anak bangsa untuk melahirkan inovasi-inovasi terbaru.

Baca juga : Harga Emas Stabil Di Level Rp 1.057.000 Per Gram

Seperti diantaranya, Rapid Pipe, Mechanically Lined Pipe (MLP) yang memiliki ulir dan konektor di ujung pipa ini membuat instalasi akan lebih cepat, lebih cost efficient, dan juga dapat dipakai kembali konektornya.

Produk ini juga akan memberikan cycle life yang jauh lebih tinggi dibandingkan MLP konvensional.

“Teknologi terbaru Cladtek yang kami produksi di Batam itu telah menyebar ke seluruh dunia, seperti di Brazil dan Arab Saudi,” tegas Christopher.

Selain itu, Cladtek juga mengembangkan otomatisasi, desain produk, dan dukungan lainnya di Indonesia yang diterapkan secara global.

Baca juga : Wapres RI Buka KTT Media Asia Di Bali, Dihadiri Lebih Dari 300 Peserta

"Kami melatih pengelas di Indonesia untuk keahlian weld overlay,” lanjutnya kini menempatkan sekitar 65 lulusan Indonesia di Arab Saudi untuk bekerja bersama dengan karyawan setempat.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.