Dark/Light Mode

TKDN Toyota Yaris Cross 80 Persen, Baterai Dan Mesinnya Diproduksi Di Karawang

Selasa, 13 Juni 2023 16:02 WIB
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mendengarkan penjelaskan dari Wakil Presiden Direktur TMMIN Nandi Julyanto. (Foto: Ist)
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mendengarkan penjelaskan dari Wakil Presiden Direktur TMMIN Nandi Julyanto. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Direktur Hubungan Eksternal PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Bob Azam mengatakan, kandungan lokal atau Tingkat Kompenen Dalam Negeri (TKDN) Toyota Yaris Cross mencapai 80 persen baik versi bensin maupun hybrid.

Baca juga : Menperin Tantang Toyota Ekspor Yaris Cross Ke Australia

Menurut dia, baterai listrik Yaris Cross juga dirakit lokal oleh Toyota Indonesia di pabrik Karawang 2 sementara mesin diproduksi di pabrik Karawang 3. Produksi Yaris Cross juga menjadi bukti tingkat kedalaman industri manufaktur otomotif nasional ke level industri komponen lokal yang lebih dominan.

Baca juga : TEKAD Berkontribusi Besar Dalam Penurunan Kemiskinan Ekstrem Di Manggarai

“Produksi lokal Yaris Cross, termasuk baterai dan mesin, menjadi bentuk kontribusi kami untuk terus meningkatkan kedalaman industri dalam negeri khususnya dalam meningkatkan jumlah rantai pasok lokal yang terlibat,” ujar Bob di sela acara Peresmian Produksi dan Ekspor Toyota Yaris Cross, di Pabrik TMMIN 1 dan 2 di Karawang, Jawa Barat, Selasa (13/6).

Baca juga : Jokowi Tertawa Lepas, Saat Kedatangannya Disambut Prabowo Di Malaysia

Dengan memproduksi Yaris Cross, pihaknya menambah hingga 12 supplier baru sehingga total 116 supplier turut menyumbangkan nilai kandungan lokal hingga 80 persen. Hal ini bukanlah pencapaian yang mudah, namun Toyota yakin bahwa pengembangan dan penguatan industri otomotif nasional lah yang dapat menjawab berbagai tantangan serta menajamkan posisi dan potensi Indonesia dalam persaingan kendaraan elektrifikasi global.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.