Dark/Light Mode

Kapolri Cek Kesiapan Pesawat Dan Jalur Bagasi Di Bandara Soetta

Kamis, 20 April 2023 13:12 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bersama Menhub Budi Karya Sumadi meninjau Bandara Soetta, Kamis (20/4). (Foto: Divhumas Polri)
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bersama Menhub Budi Karya Sumadi meninjau Bandara Soetta, Kamis (20/4). (Foto: Divhumas Polri)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bersama Menteri  Perhubungab Budi Karya Sumadi meninjau pelayanan dan pengamanan arus mudik Lebaran 2023 di Bandara Soekarno Hatta (Soetta), Tangerang.

Dalam peninjauan ini, Sigit melihat langsung pengecekan roda, mesin, hingga ruang kokpit pesawat yang digunakan untuk mengangkut pemudik.

Baca juga : Safari Ramadhan, Heikal Safar Silaturahmi Dan Bukber Bareng Bang Yos

Selain memastikan laik terbang, hal ini juga dilakukan guna memastikan keselamatan, keamanan dan kenyamanan masyarakat.

"Salah satunya yang diuji coba tadi adalah Boeing 737 mulai dari roda, apakah ada masalah dan kebocoran. Kemudian kita sempat lihat ruang Kokpit itu ada indikator-indikator yang setiap saat harus siap dioperasionalkan dan selalu dicek. " kata Sigit, Rabu (19/4).

Baca juga : Penumpang Pesawat Diproyeksi Melonjak, AP II Tempuh Cara Tak Biasa Ini Lho Di Bandara Soetta

Selain itu, pengecekan juga dilakukan di jalur bagasi yang membawa barang-barang milik para pemudik. Pengecekan itu dilakukan terkait kerentanan yang sering terjadi dan adanya peningkatan penerbangan baik domestik maupun internasional, dengan penumpang sebanyak 168 ribu.

"Semua harus dijaga keamanan dan keselamatannya serta tentunya proses ramp check menjadi sangat penting," tuturnya.

Baca juga : Gali Potensi Wakaf Dengan Penguatan Literasi Kepada Masyarakat

Untuk mengamankan ratusan ribu penumpang di Bandara Soetta, mantan Kabareskrim Polri ini menuturkan, pihaknya sudah mendirikan pos terpadu, yang merupakan hasil kerja sama TNI, Polri, Kemenhub dan stakeholder terkait lainnya.

"Kita sudah membagi tugas masing-masing, ini sinergitas dalam rangka melaksanakan rangkaian kegiatan. Di dalamnya memberikan pelayanan pemudik baik nanti melalui udara, laut dan darat," tutup Sigit. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.