Dark/Light Mode

Gelar RUPS, Mayora Tebar Dividen Rp 782,55 Miliar

Selasa, 13 Juni 2023 18:30 WIB
Rapat Umum Pemegang Saham yang digelar Mayora Indah pada Selasa (13/6). (Foto: Dok. Mayora Indahl
Rapat Umum Pemegang Saham yang digelar Mayora Indah pada Selasa (13/6). (Foto: Dok. Mayora Indahl

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Mayora Indah Tbk (MYOR) membagikan dividen tunai sebesar 39,72 persen dari laba bersih atau mencapai Rp 782,55 miliar, sekitar Rp 35 per saham yang akan mulai dibagikan pada 11 Juli 2023.

Keputusan tersebut diambil dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) dan Public Expose Tahunan.

Dalam RUPS tersebut, Direksi menyampaikan, ditengah fluktuasi harga komoditas dan kenaikan biaya distribusi yang harus ditanggung, sambil menjaga kondisi keuangan yang kuat, perusahaan tetap berhasil mengembalikan Gross Margin tanpa kehilangan pertumbuhan dan pangsa pasar.

Baca juga : Top! Digelar Selama 4 Hari, Transaksi Pameran GTTGN Tembus Rp 2,1 Miliar

Direktur Perseroan Ricky Afrianto juga menyampaikan kinerja kuartal I-2023 mencatatkan pendapatan sebesar Rp 30,67 triliun atau naik 9,9 persem dari tahun sebelumnya yang sebesar Rp 27,91 trilliun.

"Perolehan laba bersih pun meningkat hingga mencapai 62,68 persen menjadi Rp 1,97 triliun pada 2022," ungkap Ricky dalam konferensi pers RUPS & Public Expose secara virtual, Selasa (13/6).

Kemudian penjualan sebesar Rp 8,45 trilliun, atau meningkat sebesar 11,4 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu, dengan perolehan Laba Bersih sebesar Rp 737 miliar atau naik hingga sebesar 134,7 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang sebesar Rp 314 miliar.

Baca juga : Gus Muhaimin Usul Dana Desa Naik Jadi Rp 5 Miliar

"Keberhasilan ini berhasil diraih berkat membaiknya laba kotor perusahaan sebagai hasil dari implementasi strategi Perseroan sepanjang tahun 2022 serta semakin selektifnya kegiatan promosi yang dilakukan perseroan sepanjang kwartal pertama di tahun 2023," jelasnya.

Disamping memaparkan pencapaian sampai Maret 2023, Mayora juga memaparkan bahwa untuk mendukung pertumbuhan bisnis, di mana perusahaan telah menyiapkan pabrik baru yang berlokasi di Balaraja dan Purwosari untuk meningkatkan 30 persen kapasitas produksi biskuit dan wafer dengan total investasi mencapai Rp 3,7 triliun.

"Rencananya, pabrik baru ini akan mulai beroperasi pada 2024," kata Ricky.

Baca juga : Gelar iCS 2023, i3L Dorong Inovatif Siswa SMA Di Bidang Skincare

Mayora merupakan salah satu produsen makanan dan minuman olahan terbesar di Indonesia, dengan produk produknya yang telah dikenal luas. Di antaranya biskuit Roma, Astor, Bengbeng, Kopiko, Torabika, choki choki, Energen, dan banyak lagi lainnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.