Dark/Light Mode

Kinerja 2022 Kinclong, Summarecon Kantongi Laba Bersih Rp 772 M

Kamis, 15 Juni 2023 15:30 WIB
Jajaran direksi Summarecon Agung saat RUPST. (Foto: Ist)
Jajaran direksi Summarecon Agung saat RUPST. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Summarecon Agung Tbk kembali berhasil menunjukan kinerja perseroan yang positif. Pada 2022, perseroan kantongi pendapatan Rp 5,72 triliun atau naik 2,6 persen dibanding periode sebelumnya Rp 5,57 triliun.

Perseroan juga kantongi laba bersih Rp 772 miliar. Jumlah ini naik 40 persen dari sebelumnya Rp 550 miliar.

Presiden Direktur Summarecon Agung, Adrianto P. Adhi mengatakan, kondisi pandemi yang semakin terkendali, turut memicu akselerasi perseroan. Unit usaha Investment Property mencatat pertumbuhan yang cukup tinggi di sepanjang tahun 2022. 

Menurut dia, tiga mall Summarecon telah beroperasi penuh dan mendapatkan tingkat kunjungan yang cukup tinggi, hampir menyamai angka kunjungan pada masa sebelum pandemi. Penjualan rumah di unit usaha Property Development juga berlangsung cukup baik, sehingga perseroan sangat optimis untuk mencatat kinerja yang lebih baik di tahun depan. 

“Summarecon saat ini tengah mengejar berbagai proyek yang saat ini masih dalam proses pembangunan, diantaranya yaitu Summarecon Villaggio Outlets - East Jakarta yang berlokasi di Summarecon Emerald Karawang dan Summarecon Mall Bandung di kawasan Summarecon Bandung,” ujarnya saat jumpa pers usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Summarecon, Kamis (15/6)

Menurut dia, pada unit bisnis pengembangan properti, Summarecon berhasil mencatat angka pra penjualan di 2022 sebesar Rp 4,95 triliun dan penjualan rumah masih mendominasi sebesar 75 persen. Kontribusi berasal dari 8 kota terpadu (Township) yang sudah dikembangkan.

Di sepanjang tahun 2022, unit bisnis Pengembangan Properti menyumbang pendapatan sebesar Rp 3,53 triliun atau 62 persen dari total pendapatan perseroan. Rumah masih mendominasi dengan porsi 50 persen dari total pendapatan pengembangan properti, dilanjutkan dengan penjualan bangunan komersial, tanah kavling, apartemen dan bangunan lainnya. 

Di bulan November 2022, kata dia, Summarecon meluncurkan proyek terbarunya yaitu Summarecon Crown Gading yang menjadi kota terpadu ke 8. Dalam hitungan jam, dua kluster yang ditawarkan, terjual mencapai 390 unit dengan nilai pra penjualan mencapai Rp 827 miliar

Baca juga : Inovasi Petrokimia Gresik Selama 2022 Ciptakan Nilai Tambah Rp 227 M

Sementara pada bisnis investasi dan manajemen properti, kata dia, semakin terkendalinya Covid-19 dan pelonggaran PPKM mengakibatkan peningkatan pendapatan yang signifikan di segmen bisnis ini yaitu sebesar 61 persen menjadi Rp 1,48 triliun, dibandingkan tahun sebelumnya sebesar Rp 918 miliar. Laba usaha juga mengalami peningkatan yang signifikan dari Rp 259 miliar menjadi Rp 677 miliar di tahun 2022 atau setara dengan 162 persen.

Menurut dia, pusat perbelanjaan yang tersebar di Jabodetabek masih menjadi penopang utama dari pendapatan berkelanjutan dalam unit bisnis ini dimana Kelapa Gading menghasikan pendapatan terbesar (46 persen), diikuti oleh Serpong (33 persen) dan Bekasi (21 persen). 

“Prospek untuk pusat perbelanjaan juga masih akan terus membaik dengan terkendalinya Covid-19,” katanya.

Sedangkan unit bisnis lain-lain yang terdiri dari bisnis perhotelan, rekreasi dan lain-lain memiliki kontribusi pendapatan sebesar 12 persen dari total pendapatan Perseroan. Rugi usaha di segmen bisnis ini turun menjadi Rp 51 miliar dari sebelumnya Rp 111 miliar akibat dari kenaikan pendapatan yang terutama berasal dari bisnis perhotelan. Hal ini terefleksikan dari peningkatan pendapatan sebanyak 41 persen menjadi Rp 710 miliar dibandingkan tahun sebelumnya. 

Atas pencapaian yang berhasil diraih di sepanjang tahun buku 2022, Perseroan akan membagikan dividen sebesar Rp 7 per lembar saham atau total sebesar Rp 115 miliar.

Dalam RUPST, perseroan mengumumkan penambahan Anggota Dewan Komisaris. Adapun susunan jajaran Dewan Komisaris dan Direksi terbaru adalah sebagai berikut.

Dewan Komisaris

Ir. Soetjipto Nagaria : Komisaris Utama

Harto Djojo Nagaria : Komisaris

Baca juga : Naik 20 Persen, Bentoel Cetak Laba Kotor Rp 1 T

Hendri Rahardja : Komisaris

Drs Edi Darnadi : Komisaris Independen

Lexy Arie Tumiwa : Komisaris Independen

Ge Lilies Yamin : Komisaris Independen

Dewan Direksi

Adrianto P. Adhi : Direktur Utama

Liliawati Rahardjo : Direktur

Soegianto Nagaria : Direktur

Herman Nagaria : Direktur

Baca juga : Dipercaya Aman, AMDK Galon Digunakan Kantor Pemerintah

Sharif Benyamin : Direktur

Lidya Tjio : Direktur

Nanik Widjaja : Direktur

Jason Lim​​​ : Direktur

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.