Dark/Light Mode

JaKreatiFest 2023: Akselerasi UMKM Go Global, Digitalisasi Dan Stabilisasi Harga Pangan

Jumat, 16 Juni 2023 20:18 WIB
Jakarta Kreatif Festival (JaKreatiFest) 2023 resmi dibuka. Event yang diinisiasi Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi DKI Jakarta ini diselenggarakan di  Center Atrium, Mal Taman Anggrek, Jakarta Barat selama tiga hari, 16-18 Juni.  (Foto: Dede/RM)
Jakarta Kreatif Festival (JaKreatiFest) 2023 resmi dibuka. Event yang diinisiasi Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi DKI Jakarta ini diselenggarakan di  Center Atrium, Mal Taman Anggrek, Jakarta Barat selama tiga hari, 16-18 Juni.  (Foto: Dede/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Jakarta Kreatif Festival (JaKreatiFest) 2023 resmi dibuka. Event yang diinisiasi Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi DKI Jakarta ini diselenggarakan di  Center Atrium, Mal Taman Anggrek, Jakarta Barat selama tiga hari, 16-18 Juni. 

Ajang ini merupakan salah satu rangkaian Road to Karya Kreatif Indonesia dan HUT DKI Jakarta ke-496, yang berorientasi untuk mendorong akselerasi pertumbuhan ekonomi Jakarta. Serta dalam upaya mewujudkan Jakarta menjadi kota bisnis berskala global.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia DKI Jakarta, Arlyana Abubakar mengatakan, JaKreatiFest 2023 ini mengusung tiga program unggulan. “Yakni, peningkatan kapasitas, perluasan akses pemasaran dan pembiayaan UMKM, penguatan ekosistem digitalisasi keuangan, serta pengendalian inflasi pangan,” kata Arlyana saat Opening Ceremony JaKreatiFest, Jumat (16/6).
 
Berbagai inovasi dari ketiga program unggulan tersebut, lanjut Arlyana, melibatkan 73 showcase produk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) offline dan 120 UMKM online, bersinergi dengan stakeholders antara lain Pemprov DKI, Perbankan, Asosiasi dan lainnya. 

Baca juga : Leap Telkom Perluas Digitalisasi Logistik Unrtuk Masyarakat

Dalam konteks peningkatan kapasitas, perluasan akses pemasaran dan pembiayaan UMKM. “Beberapa kegiatan terkait adalah expo produk UMKM baik offline maupun online, Festival Kopi, Coklat & Teh, business matching, talkshow dan program On Boarding UMKM Go Ekspor, Go Digital, serta fashion show bertajuk Bankers Top Model berkolaborasi dengan BMPD,” ujarnya. 

Selanjutnya, penguatan ekosistem digitalisasi keuangan melalui beberapa kegiatan. Seperti seminar, sosialisasi, talkshow , serta berbagai layanan terkait sistem pembayaran antara lain layanan penukaran uang, layanan Cinta, Bangga dan Paham Rupiah, layanan remitansi, serta layanan pajak digital. 

“Dalam hal pengendalian inflasi pangan adalah launching Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP), talkshow bahan pangan olahan serta demo memasak. Kegiatan ini dapat langsung dinikmati secara offline dan live streaming di channel YouTube dan Instagram Bank Indonesia Jakarta. Rangkaian kegiatan JaKreatiFest juga dimeriahkan dengan special music performance oleh Paul, Aqeela, Salma Idol dan Kahitna,” terangnya.
 
Deputi Gubernur Bank Indonesia, Filliningsih Hendarta menegaskan, Bank Indonesia akan terus mendukung pengembangan UMKM. “Dalam strategic flagship event Bank Indonesia untuk mendorong permintaan domestik dalam menjaga optimisme pemulihan ekonomi nasional yang tetap kuat,” ucapnya. 

Baca juga : Smartfren Business Dukung Keberhasilan UMKM Go Digital

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menyambut baik pelaksanaan JaKreatiFest 2023, sebagai platform kreasi, fasilitasi dan kolaborasi UMKM dalam mendorong DKI Jakarta menjadi kota bisnis berskala nasional dan global melalui pemanfaatan digital. 

Selain itu, penguatan potensi wisata DKI Jakarta turut digaungkan untuk menjadi usulan proyek strategis nasional. Serta, pelaksanaan GNPIP semakin memperkuat kolaborasi Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) untuk terus berinovasi dalam menjaga stabilitas harga pangan di DKI Jakarta.
 
“Kami mengajak masyarakat DKI Jakarta untuk mengunjungi JaKreatiFest 2023 di Center Atrium, Mal Taman Anggrek, yang akan menampilkan seluruh kemeriahan Kreasi Jakarta untuk Indonesia,” kata Heru dalam sambutannya yang disampaikan Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah (PPKUKM) Elisabeth Ratu Rante Allo.

Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki mengapresiasi penyelenggaraan JaKreatiFest 2023 yang selalu intens dalam mendukung UMKM terus bertransformasi untuk semakin digital melalui pemanfaatan e-catalog dan marketplace. 

Baca juga : Lewat Digitalisasi, PGE Dongkrak Ekonomi Warga Kamojang

Hal senada turut dinyatakan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno. Dia mendukung penyelenggaraan JaKreatiFest 2023 yang sejalan dengan program pemerintah dalam meningkatkan daya saing UMKM untuk naik kelas agar bisa eksis di pasar domestik dan global. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.