Dark/Light Mode

Lewat Digitalisasi, PGE Dongkrak Ekonomi Warga Kamojang

Kamis, 18 Mei 2023 20:24 WIB
Komisaris Utama PGE Sarman Simanjorang (kanan) melakukan kunjungan kerja ke Wilayah Kerja Panas Bumi (WKP) Kamojang. Ikut mendampingi External Relation Officer PGE Area Kamojang Adi Rahmadi (tengah) dan CEO Rangers App Hendri Wahyudi. (Foto: Fazry/RM)
Komisaris Utama PGE Sarman Simanjorang (kanan) melakukan kunjungan kerja ke Wilayah Kerja Panas Bumi (WKP) Kamojang. Ikut mendampingi External Relation Officer PGE Area Kamojang Adi Rahmadi (tengah) dan CEO Rangers App Hendri Wahyudi. (Foto: Fazry/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) Area Kamojang, bagian dari Pertamina New & Renewable Energy (NRE), terus menjalankan tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL). Salah satunya melalui pengenalan digitalisasi.

Digitalisasi ini hadir untuk mewujudkan masyarakat modern dan melek teknologi, serta mengerek perekonomian masyarakat di wilayah terdekat dengan kegiatan operasional PGE Kamojang.

General Manager PGE Area Kamojang, Rahmad Harahap mengatakan, Ibun Mall, Rangers App, dan Sinyal Kita merupakan tiga program TJSL unggulan PGE Area Kamojang.

Baca juga : Dave Laksono Bicara Peran Penting Digitalisasi untuk Ekonomi ASEAN Di Chongqing, China

Dijelaskan, Sinyal Kita mengembangkan layanan jaringan internet untuk kampung terpencil. Yaitu inovasi penyediaan layanan internet yang ditukar dengan sampah dan penanaman pohon.

Sedangkan Ibun Mall adalah salah satu inovasi dan pendekatan baru dalam berjualan produk.

Dalam platform ini, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki kesempatan untuk berkembang serta meningkatkan kualitas dan kuantitas produk mereka.

Baca juga : BUM Desa Jadi Penopang Ekonomi Nasional

Kalau Rangers App kata Rahmad, dibuat oleh beberapa anak muda Kamojang untuk membantu mobilitas warga di sekitar wilayah operasi PGE.

"Tidak ada ojek online yang masuk ke sini (wilayah ring I operasi Kamojang). Karena itu, masyarakat memanfaatkan transportasi dengan menggunakan Ranger App," katanya.

External Relation Officer PGE Area Kamojang Adi Rahmadi menilai, aplikasi Rangers mampu menjawab permasalahan yang dihadapi masyarakat Kamojang terkait kebutuhan transportasi.

Baca juga : Bos BI: Transformasi Digital Dorong Pertumbuhan Ekonomi Tanah Air

Startup ini juga dikembangkan oleh anak muda asli Kamojang yang masuk ke dalam wilayah terdekat dengan kegiatan operasional Pertamina.

Faktor lain yang membuat kerja sama terjalin adalah kesamaan visi dalam hal pengembangan sumber daya manusia hingga bisa berdaya secara ekonomi, di antaranya Pertamina mengadakan kelas bisnis bagi para driver.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.