Dark/Light Mode

PTAR Ajak 123 Mahasiswa Peduli Keanekaragaman Hayati

Minggu, 18 Juni 2023 22:06 WIB
Seluruh mahasiswa peserta ECJ berfoto bersama pemateri dan manajemen PTAR. (Dok. PTAR)
Seluruh mahasiswa peserta ECJ berfoto bersama pemateri dan manajemen PTAR. (Dok. PTAR)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebanyak 123 mahasiswa berpartisipasi dalam yang digelar PT Agincourt Resources (PTAR), pengelola tambang emas Martabe, menggelar kegiatan E-Coaching Jam (ECJ) di Kota Medan, pada Sabtu (17/06/2023).

Sebanyak 123 mahasiswa berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Dalam acara ini, PTAR menghadirkan dua pakar di bidang lingkungan hidup dan keanekaragaman hayati.

ECJ yang dilaksanakan di booth PTAR dalam gelaran Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) 2023 ini menghadirkan pegiat dan akademisi dalam bidang lingkungan hidup dan keanekaragaman hayati sebagai pembicara, yakni Ali Bangun Dea selaku Direktur Yayasan Scorpion Indonesia, serta Puji Rianti dari Departemen Biologi IPB.

Baca juga : Pertamina Ajak Generasi Muda Peduli Pada Perubahan Iklim

Menurut Senior Manager Komunikasi Korporat PTAR Katarina Siburian Hardono, ini adalah ECJ ke-23 yang telah dilaksanakan PTAR sejak tahun 2014.

ECJ telah menjembatani komunikasi 4.850 mahasiswa di seluruh Indonesia dengan para pakar dari berbagai bidang, mulai dari pertambangan, geologi, lingkungan hidup, komunikasi, bisnis, hingga ketenagakerjaan dan keberagaman gender.

Awalnya kata Katarina, ECJ dirancang khusus sebagai bekal bagi mahasiswa pertambangan agar siap menghadapi dunia kerja, khususnya di industri pertambangan.

Baca juga : Sekjen KLHK Ajak Warga Gercep Lindungi Dan Kelola Lingkungan Hidup

Seiring berjalannya waktu kata dia, pihaknya menghadirkan juga pemateri dari bidang lain sehingga bisa diikuti oleh mahasiswa dari semua jurusan untuk memperkaya diri sebelum memasuki dunia kerja.

"Karena faktanya, tambang adalah satu industri kompleks yang mengintegrasikan berbagai ilmu dan keahlian dalam menjalankan operasinya,” tutur Katarina.

Saat masa pandemi, PTAR berkolaborasi dengan Universitas Gadjah Mada, UPN Veteran Yogyakarta, Institut Teknologi Bandung, dan Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan untuk menyelenggarakan ECJ secara online saja.

Baca juga : Sandi Kebanyakan Dramanya

Saat ini, ECJ kembali dilaksanakan secara online dan offline.

Selain menyelenggarakan ECJ, dalam gelaran PRSU 2023, PTAR juga menyuguhkan beberapa kegiatan di booth-nya, yaitu bazar produk UMKM binaan, workshop fotografi yang difasilitasi oleh Pewarta Foto Indonesia (PFI) Medan, lomba melukis dalam memperingati Hari Anak Nasional, serta photobooth challenge.

“PTAR juga berpartisipasi di paviliun Kabupaten Tapanuli Selatan dengan memfasilitasi pagelaran sanggar Seni Tari Sopo Daganak binaan PTAR di malam seni budaya Tapanuli Selatan tanggal 23 Juni nanti, serta dukungan berbagai hadiah lomba dan lucky draw,” kata Katarina.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.