Dark/Light Mode

Bank Mandiri Dan SPE Solution Dukung Transformasi Digital Bagi BPR/BPRS

Sabtu, 24 Juni 2023 15:01 WIB
Diskusi sinergi Bank Umum dan BPR Dalam Digitalisasi Layanan Perbankan yang digelar The Finance, Jumat (23/6). (Foto: Istimewa)
Diskusi sinergi Bank Umum dan BPR Dalam Digitalisasi Layanan Perbankan yang digelar The Finance, Jumat (23/6). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus memantau pengembangaan industri BPR (Bank Perkreditan Rakyat) untuk terus berakselerasi melakukan transformasi digital.Hal ini tentu memberikan peluang bagi BPR untuk mengembangkan bisnisnya.

Tak hanya berlaku bagi bank umum, BPR juga dituntut untuk memacu digitalisasi layanan perbankan. Namun, persoalan modal dan biaya investasi digitalisasi yang relatif besar kerap menjadi kendala BPR.

Baca juga : Kolaborasi Bank Mandiri Mantap Dan Heksa Insurance Hadirkan Asuransi Jiwa Kredit

Kini, kendala biaya yang menjadi kekhawatiran BPR sudah bisa diatasi dengan adanya sinergi dengan bank umum yang secara permodalan dan teknologi jauh lebih tinggi.

“Kita tahu ada akselerasi transformasi digital dan kita juga ketahui bahwa di dalam UU PPSK sudah dimungkinkan melakukan kerja sama dengan Lembaga Sektor Keuangan (LJK) lain dan kerja sama dengan selain LJK dalam memberikan layanan jasa keuangan kepada nasabah,” ucap Direktur Pengaturan Kelembagaan, Produk dan Aktivitas Perbankan Departemen Pengaturan dan Pengembangan Perbankan OJK Indah Iramadhini dalam seminar bertajuk ‘Sinergi Bank Umum dan BPR Dalam Digitalisasi Layanan Perbankan' yang digelar The Finance, Jumat (23/6).

Baca juga : Kolaborasi Dengan Pemda, Netzme Genjot Transaksi Digital Lewat Pembayaran Cashless

Indah melihat, beberapa peluang transformasi digital BPR, yaitu digitalisasi kegiatan usaha BPR yang mencakup digitalisasi proses pembukaan rekening tabungan atau deposito melalui website/mobile-apps.

Selain itu kerja sama dengan pihak lain, pengajuan kredit secara online, serta pemanfaatan credit scoring dalam analisa pengajuan kredit dan loan originating system (LOS).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.