Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

18 Srikandi Indonesia Sukses Pimpin Perusahaan Terkemuka

Rabu, 28 Juni 2023 16:39 WIB
Conference and Awarding Indonesia Most Powerful Women Business Leader 2023 yang digelar Majalah SWA. (Foto: Istimewa)
Conference and Awarding Indonesia Most Powerful Women Business Leader 2023 yang digelar Majalah SWA. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebanyak 18 pemimpin bisnis wanita dari perusahaan papan atas mendapat predikat Most Extraordinary Women Business Leader 2023 yang digelar Majalah SWA. Ke-18 srikandi itu dianggap sukses memimpin perusahaan terkemuka di tengah tantangan besar seperti Covid-19.

Mengacu riset bertajuk ‘Women in the Workplace (2018-2021)’, McKinsey menyatakan bahwa kepemimpinan wanita mampu menciptakan organisasi yang lebih sehat, egaliter, serta menghasilkan keputusan yang komprehensif dan inklusif karena melihat dari berbagai aspek. Hal ini tidak bisa dilepaskan dari aspek feminitas kaum Hawa yang dianggap memiliki naluri empati dan compassion lebih besar sekaligus cenderung mampu melihat satu aspek secara lebih detail dibandingkan kaum Adam.

Para pemimpin wanita (women leaders) memilik pengalaman menantang menghadapi terpaan pandemi. Contohnya, Wakil Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Alexandra Askandar, berbagi pengalaman bahwa pandemi Covid-19 menimbulkan tantangan berupa kenaikan risiko kredit. Sebab, kondisi perekonomian yang memburuk menyebabkan banyak debitur kesulitan membayar kewajibannya. Hal ini mengakibatkan peningkatan risiko kredit perbankan, juga dialami Bank Mandiri.

Tantangan lain adalah meningkatnya kompetisi di industri keuangan. Tidak hanya dari bank lain, tapi juga dari jasa keuangan nonbank yang banyak hadir, termasuk perusahaan rintisan financial technology.

Baca juga : Garuda Indonesia Tuntaskan Penerbangan 110.404 Calon Jemaah Haji 2023

Direktur Keuangan BNI Novita Widya Anggraeni menuturkan, menurunnya bisnis debitur berpengaruh terhadap kapasitasnya dalam memenuhi kewajibannya kepada bank. Memburuknya kinerja debitur juga membuat perbankan dihadapkan pada risiko meningkatnya angka Non Performing Loan. "Akumulasi dari dampak-dampak seperti itu menyebabkan pendapatan bunga bank selama pandemi menjadi tidak optimal,” ujarnya.

Begitu halnya yang dialami Direktur Bisnis Kurir dan Logistik PT Pos Indonesia (Persero) Siti Choiriana. BUMN logistik yang sedang melakukan transformasi korporat, bisnis kurir, dan logistic ini kewalahan menghadapi pandemi Covid-19. Pasalnya, kondisi tersebut mengubah kebiasaan konsumen yang biasa datang ke kantor untuk berkirim barang menjadi menggunakan layanan online.

“Dampak pandemi antara lain meningkatnya penggunaan layanan pengiriman berbasis online, yang menimbulkan persaingan ketat bagi Pos Indonesia. Banyak pelanggan mencari pengiriman online yang lebih cepat dan efisien. Kondisi ini menyebabkan kami harus mampu bersaing dengan mereka untuk mempertahankan pelanggan kami,” kata Choirina.

Pengalaman berliku para srikandi perusahaan tersebut dalam menghadapi pandemi menjadi pokok bahasan talkshow yang diadakan Majalah SWA secara hybrid. SWA dengan SWANetwork menyelenggarakan Conference and Awarding Indonesia Most Powerful Women Business Leader 2023 dengan tema "Great Women Leader with Remarkable Breakthrough How to Accelerate Business Growth in the Post-Pandemic Era".

Baca juga : Politik Santun

"Dalam diskusi ini, para pemimpin wanita memaparkan sejumlah best practices kepemimpinan para wanita hebat,” jelas Chief Editor SWA Media Group Kemal E Gani. Sejak beberapa tahun lalu, Majalah SWA rutin merilis daftar wanita pemimpin bisnis terkemuka di Tanah Air.

Acara diskusi dibuka dengan keynote speech dari Kemal E Gani. Selanjutnya, dilakukan diskusi yang menampilkan 4 narasumber kompeten di bidang masing-masing. Mereka adalah Wakil Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Alexandra Askandar, CEO Sintesa Group Shinta Kamdani, Direktur SDM PT Pupuk Indonesia (Persero) Tina Kemala Intan, dan Direktur Utama PT Pertamina Bina Medika IHC Mira Dyah Wahyuni. Tak ketinggalan penjelasan Chief of Training Officer Dunamis Organization Services Tommy Sudjawardi.

Melalui seleksi ketat, SWA bersama dewan juri berhasil meloloskan 18 pemimpin bisnis wanita dari perusahaan papan atas yang layak mendapat predikat Most Extraordinary Women Business Leader 2023. Di antaranya Direktur PT Bank Central Asia Tbk Lianawaty Suwono, Wakil Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Alexandra Askandar, Presiden Direktur PT Prudential Life Assurance Michellina Laksmi Triwardhany, Direktur Bisnis Kurir dan Logistik Pos Indonesia Siti Choiriana, dan Chief Marketing Officer InJourney Maya Watono.

Seperti sebelum-sebelumnya, di tahun ini juga ada penganugerahan Indonesia Most Powerful Women Business Leader of The Year 2023 yang diseleksi berdasarkan desk research. Kendati tanpa melalui proses penjurian, persyaratan untuk masuk cukup berat. Dan para jawaranya adalah Direktur SDM PT Pupuk Indonesia (Persero) Tina T kemala Intan, Direktur PT Bank Central Asia Tbk Vera Eve Lim, Direktur Asset Management PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Elisabeth Novie Riswanti, CEO Sintesa Group Shinta W Kamdani, Direktur Corporate Banking PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Susana Indah Kris Indriati, dan Founder PT Paragon Technology and Innovation Nurhayati Subakat.

Baca juga : MNC MXGP Samota Indonesia 2023 Sukses Digelar, Bamsoet Beri Apresiasi

Pemerintah juga mendorong terciptanya banyak ekekutif wanita di lingkungan BUMN. Hal itu pernah ditegaskan Menteri BUMN Erick Thohir. Erick mematok target besar: porsi keterwakilan wanita pada jabatan strategis perusahaan pelat merah mencapai 25 persen pada akhir 2023. Sebagai wujud nyata komitmennya, Erick telah menggalakkan sejumlah program pemberdayaan wanita, seperti Program Srikandi BUMN Berkarya dan Bertalenta, Respectful Workplace Policy, Program Mekaar, dan NU Women.

Di dunia usaha swasta, banyak manajemen perusahaan yang semakin bergerak ke arah women friendly. Di antaranya memberikan kebijakan diversity & inclusion dan flexible hours. Mereka berkomitmen menciptakan tempat kerja yang mengedepankan keberagaman; perbedaan dihargai serta dimanfaatkan untuk mendorong pertumbuhan, baik perusahaan maupun diri mereka sebagai individu yang berbasis penilaian kinerja.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.