Dark/Light Mode

FinanceAsia Awards 2023

Sunarso Raih The Best CEO, BRI Borong 9 Penghargaan Internasional

Rabu, 28 Juni 2023 20:12 WIB
Direktur Utama BRI Sunarso dinobatkan sebagai The Best CEO dalam acara FinanceAsia Awards 2023 di Hong Kong, Rabu (28/6). (Foto: Humas BRI)
Direktur Utama BRI Sunarso dinobatkan sebagai The Best CEO dalam acara FinanceAsia Awards 2023 di Hong Kong, Rabu (28/6). (Foto: Humas BRI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Acungan jempol patut diberikan kepada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI. Bank pelat merah yang mencetak laba tertinggi Rp 51,4 triliun pada tahun 2022 itu, sukses memborong 9 penghargaan di ajang FinanceAsia Awards 2023 di Hong Kong, Rabu (28/6) malam.

Total 9 penghargaan tersebut, diraih dalam dua kategori besar: Best Companies in Asia dan FinanceAsia Awards.

Dalam kategori Best Companies In Asia, BRI mendapat penghargaan Best CEO, Best CFO, Best Financial Company, Best ESG (Environmental, Social & Governance), Best DEI (Diversity, Equity, and Inclusion), Best Investor Relations, Best-Large Cap Company, dan Best Managed Company.

Atas 8 penghargaan tersebut, BRI mendapatkan predikat Gold, atau peringkat tertinggi dibandingkan dengan pesaing.

Baca juga : Keren, Singkirkan 500 Nominasi, KPI Sabet 4 Penghargaan Di Tingkat Internasional

Dalam kategori ini, penilaian dilakukan kepada perusahaan dari berbagai sektor dengan sistem wawancara dan survei kepada investor. Serta analisis berdasarkan kinerja perusahaan dalam kurung waktu 12 bulan ke belakang.

Penilaian tersebut menunjukkan keberanian BRI untuk dinilai dan di-assess oleh berbagai pihak eksternal yang independen, bonafid, dan kredibel.

Sementara itu, untuk kategori FinanceAsia Awards, BRI mendapat penghargaan Most Progressive DEI (Diversity, Equity, and Inclusion) – domestic.

Acara penghargaan FinanceAsia Awards yang juga dihadiri Direktur Keuangan BRI Viviana Dyah Ayu dan Direktur Kepatuhan BRI A. Solichin Lutfiyanto ini, dikhususkan untuk perusahaan yang bergerak di sektor keuangan Indonesia.

Kinerja Positif

Baca juga : Taman Safari Indonesia Raih Penghargaan Internasional dari MATFA

Direktur Utama BRI Sunarso yang hadir dalam acara tersebut mengungkap, keberhasilan BRI memperoleh penghargaan dari FinanceAsia merupakan cerminan apresiasi dunia internasional, atas keberhasilan bank tersebut mencatatkan kinerja positif secara berkelanjutan.

Dari sisi kinerja, hingga akhir Kuartal I tahun 2023, BRI mampu mencatatkan laba secara konsolidasian (BRI Group) sebesar Rp15,56 triliun. Dengan kata lain, tumbuh 27,37 persen year on year (yoy).

Aset BRI Group tumbuh 10,46 persen yoy menjadi Rp 1.822,97 triliun.

Dari sisi penyaluran kredit, seluruh segmen kredit BRI tercatat tumbuh positif, dengan pendorong utama di segmen mikro yang tumbuh 11,18 persen. Sehingga, total kredit dan pembiayaan BRI Group menjadi Rp 1.180,12 triliun.

Baca juga : Komit Jaga Lingkungan Kerja Aman, PKT Borong 3 Penghargaan Dari Pemprov Kaltim

Khusus untuk segmen UMKM, porsinya mencapai 83,86 persen dibanding total kredit BRI, atau setara Rp 989,64 triliun.

Dari sisi pendanaan, BRI mampu menghimpun DPK sebesar Rp 1.255,45 triliun atau tumbuh double digit sebesar 11,45 persen yoy. Dengan penopang utama pertumbuhan dana murah atau CASA, yang tumbuh 13,01 persen yoy menjadi Rp 810,09 triliun.

Fokus BRI mengakselerasi kemampuan dalam menghimpun dana murah tersebut, membuat rasio CASA meningkat menjadi 64,53 persen.

Angka ini lebih tinggi, dibanding periode yang sama pada tahun sebelumnya, yang tercatat 63,63 persen.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.