Dark/Light Mode

Gigih Jual Produk Indonesia Di Hong Kong, Sarinah Dijempolin Erick Thohir

Sabtu, 1 Juli 2023 11:14 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir tengah saat mengunjungi Gudang Surya Trading di Mercantile Industrial, Kwai Chung, Hong Kong, Sabtu (30/6). Gudang ini milik Sarinah, diaspora Indonesia yang gigih menjual produk Indonesia di Hong Kong. (Foto: Humas BUMN)
Menteri BUMN Erick Thohir tengah saat mengunjungi Gudang Surya Trading di Mercantile Industrial, Kwai Chung, Hong Kong, Sabtu (30/6). Gudang ini milik Sarinah, diaspora Indonesia yang gigih menjual produk Indonesia di Hong Kong. (Foto: Humas BUMN)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengaku kagum dengan kegigihan pemilik Surya Trading, Sarinah (71) yang konsisten menjual produk makanan dan minuman Indonesia di Hong Kong.

"Senang bisa bertemu dengan Ibu Sarinah, yang sudah tinggal di Hong Kong sejak 1974  dan telah merintis usaha menjual produk-produk makanan dari Indonesia ke Hong Kong selama 23 tahun," ungkap Erick saat mengunjungi Gudang Surya Trading di Mercantile Industrial, Kwai Chung, Hong Kong, Sabtu (30/6).

Berkat kegigihannya, Sarinah telah memiliki 13 outlet dan menjalin kerja sama dengan 200 distributor.

 

 

Baca juga : Resmikan Indonesia Incorporated Di Hong Kong, Erick Dorong BUMN Go Global

Menurut Erick, apa yang dilakukan Sarinah sangat membantu mempromosikan makanan Indonesia dan merek Indonesia di Hong Kong.

"Saya ucapkan terima kasih kepada Ibu Sarinah, yang mencintai Indonesia dan pulang ke Bandung 2-3 kali dalam setahun untuk bertemu keluarga," kata Erick.

Erick pun mengapresiasi dukungan Bank Negara Indonesia (BNI) yang telah membantu Sarinah dalam mengembangkan usahanya.

Sebagai bank internasionalnya Indonesia, Erick meminta BNI untuk meningkatkan dukungan, terhadap pengembangan usaha diaspora Indonesia di luar negeri.

"Inilah contoh diaspora yang kita dorong berusaha di luar negeri, melalui program BUMN melalui BNI Xpora. Ini kerja nyata program BUMN," tutur Erick.

Baca juga : Peduli Gizi, Danone Indonesia Borong 4 Penghargaan Pada ISFANEA 2023

"BUMN komitmen mendukung pengembangan produk Indonesia di luar negeri," tegasnya.

Sarinah tak hanya mempromosikan produk Indonesia berskala besar, tetapi juga menciptakan akses pasar bagi produk UMKM.

Erick menyebut, 20 persen produk yang dijual Sarinah di Hong Kong, merupakan produk UMKM.

"Yang harus kita dorong adalah posisi merek kita yang masih lemah. Kami sangat mengapresiasi Bu Sarinah dan BNI, yang mau meningkatkan brand Indonesia," kata Erick.

Di lain pihak, Sarinah mengaku senang dengan kehadiran Erick. Dia tak menyangka, gudang miliknya akan didatangi Erick, mengingat skala usahanya yang masih relatif menengah.

Baca juga : Asosiasi Sepak Bola Palestina: Indonesia Beruntung Punya Erick Thohir

"Hari ini sangat bangga kedatangan Pak Menteri BUMN Erick Thohir ke gudang kami. Padahal, bisa dibilang, usaha kami masih kecil. Tapi, tetap dihargai dan diapresiasi. Terima kasih juga kepada BNI, yang mendorong bisnis kami, agar terus berkembang," ujar Sarinah.

Dia bercerita, produk Indonesia mendapat respons yang positif di Hong Kong. Kualitas produk makanan dan minuman Indonesia, mampu bersaing di pasar Hong Kong.

"Kita juga memasarkan produk UMKM Indonesia. Tapi, kita benar-benar mencari yang kualitasnya baik dan punya standarisasi, agar bisa diterima di Hong Kong," ucap Sarinah.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.