Dark/Light Mode

Lakukan Restorasi Ekosistem Laut, Menteri LHK Puji PLN Indonesia Power

Senin, 3 Juli 2023 12:11 WIB
PLN IP UPDK Mahakam melakukan restorasi ekosistem laut Muara Badak melalui transplantasi terumbu karang. (Dok. PLN Indonesia Power)
PLN IP UPDK Mahakam melakukan restorasi ekosistem laut Muara Badak melalui transplantasi terumbu karang. (Dok. PLN Indonesia Power)

RM.id  Rakyat Merdeka - PLN Indonesia Power terus menunjukkan komitmennya dan turut berkontribusi dalam peningkatan perekonomian, peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) hingga pelestarian lingkungan Indonesia melalui program TJSL.

Hal itu ditunjukkan melalui kepedulian PLN IP UPDK Mahakam terhadap sosial dan lingkungan. Atas aksi korporasi ini Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Siti Nurbaya Bakar berikan apresiasi setinggi-tingginya.

PLN IP UPDK Mahakam kuatkan program TJSL dengan melakukan Pembinaan, Peningkatan dan Penguatan Program Kampung Iklim di Kota Samarinda.

Baca juga : Bamsoet-Yasona Apresiasi Produksi Senjata Api Olahraga-Beladiri Buatan Indonesia

Selain itu juga dilakukan Restorasi Ekosistem Laut Muara Badak melalui Transplantasi Terumbu Karang.

Direktur Utama PLN Indonesia Power Edwin Nugraha Putra mengatakan PLN IP terus lakukan inovasi salah satunya melalui program CSR dengan menciptakan Creating Shared Valued (CSV) bagi korporasi maupun masyarakat sehingga mampu berkontribusi dalam peningkatan ekonomi, sosial, Kesehatan dan lingkungan.

“Setiap program TJSL yang dijalankan oleh PLN Indonesia Power diharapkan dapat menciptakan Creating Shared Value (CSV), sehingga dapat berkontribusi dalam pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan,” ujar Edwin.

Baca juga : Idris Laena Puji Kinerja Positif Semen Indonesia

Diketahui PLN IP UPDK Mahakam telah melakukan restorasi terumbu karang yang rusak akibat pengeboman ikan di sepanjang pesisi muara badak.

Seiring berjalannya waktu pertumbuhan terumbu karang meningkat tajam yaitu mencapai 100 persen.

Kini masyarakat dapat merasakan hasilnya, dimana keindahan bawah laut muara badak telah pulih hingga berdampak pada peningkatan wisatawan yaitu sebanyak 133 persen yang kemudian turut mendongkrak perekonomian masyarakat setempat melalui pariwisata.

Baca juga : Ini Dia, 50 Pantai Terbaik Dunia, 2 Pantai Indonesia Termasuk

Selain itu UPDK Mahakam juga lakukan pembinaan, peningkatan dan penguatan Program Kampung Iklim di Kota Samarinda. Program ini dijalankan melalui aksi water harvesting, penanaman pohon, pembuatan hidroponik, pengelolaan sampah dan penguatan kapasitas kemandirian ekonomi.

Hal ini juga merupakan salah satu wujud komitmen PLN Indonesia Power UPDK Mahakam terkait aspek Environmental, Social & Governance (ESG).

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.