Dark/Light Mode

Dukung Digitalisasi UMKM, Doku Luncurkan Aplikasi Pembayaran Instan

Senin, 3 Juli 2023 18:25 WIB
Peluncuran Juragan Doku. (Foto: MER/Rakyat Merdeka)
Peluncuran Juragan Doku. (Foto: MER/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Doku memperkenalkan Juragan Doku, sebuah inisiatif baru untuk mempercepat proses digitalisasi UMKM Indonesia. 

Bersama mitra komunitas strategis seperti Sahabat UMKM, Strive Indonesia (Mercy Corp & Mastercard) dan SparkLabs (Universitas Pelita Harapan), Doku mantap masuk ke segmen UMKM setelah selama 16 tahun fokus menggarap segmen korporat.

"Juragan DOKU, menawarkan cara terima pembayaran yang cepat, mudah dan lengkap baik online maupun offline bagi para penjual di media sosial atau yang lebih dikenal dengan sebutan social sellers. Mereka menjadi target tasar utama bagi Juragan DOKU di fase awal ini," ungkap CEO Doku Chris Yeo dalam acara peluncuran di Jakarta, Senin (3/7).

Baca juga : Nasib Divestasi Vale Diputuskan Pemerintah Bulan Ini

Inisiatif Juragan Doku menawarkan layanan pembayaran instan dengan fitur-fitur langsung pakai (tanpa integrasi) seperti payment link, e-katalog, QRIS dan instant checkout.

Selain fitur produk yang dapat diakses melalui web maupun aplikasi Juragan Doku (tersedia di Play Store dan Apple Store), Doku juga mulai merintis ekosistem melalui program pendampingan khas untuk para Juragan.

"Dengan infrastruktur pembayaran yang lengkap, pengalaman dan jaringan mitra korporat yang dimiliki DOKU sebagai pionir payment gateway, kami ingin memberikan dukungan yang optimal untuk mendorong kemajuan UMKM Indonesia," ungkap Head of SME Doku, Angga Narendra.

Baca juga : Telkom Dukung Digitalisasi Film Dan Konten Indonesia

Sejak diperkenalkan pada awal 2023 secara organik, tercatat sebanyak 10.000 UMKM Indonesia sudah bergabung menjadi Juragan.

"Indikasi ini yang membuat kami semakin yakin untuk melanjutkan ekspansi Doku untuk menggarap segmen UMKM yang merupakan tulang punggung perekonomian bangsa," tegas dia lagi.

Melalui ini, Doku menyatakan, transformasi bisnisnya dari pionir payment gateway menjadi perusahaan teknologi pembayaran yang akan memperkuat penetrasi bisnis di Indonesia dan melebarkanbsayap untuk memperluas bisnis ke Asia Tenggara beberapa tahun ke depan.

Baca juga : Kalangan Muda Generasi Z Dan Alfa Luncurkan Gen Perubahan

Plh Deputi Bidang UKM Kemenkop UMKM, Rulli Nuryanto mengatakan sejalan dengan pemulihan ekonomi, serta mengingat posisi strategis dari UMKM dalam perekonomian nasional, perlu didukung dengan rencana dan arah kebijakan pengembangan UMKM dan Koperasi.

"Digitalisasi dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas UMKM terutama pada perluasan pemasar dan mempermudah transaksi keuangan," tambah Rulli.

Oleh karena itu, menurutnya peran Doku melalui program Juragan Doku sangat strategis dalam mendorong digitalisasi UMKM, serta mendukung inklusi keuangan. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.