Dark/Light Mode

Rayu CEO Perusahaan Australia Berinvestasi

Presiden Tawarkan Garap Proyek IKN Dan Mobil Listrik

Rabu, 5 Juli 2023 06:45 WIB
Presiden Jokowi saat bertemu dengan sejum­lah Chief Executive Officer (CEO) perusahaan Australia, di Hotel Shangri-La, Sydney, kemarin. (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi saat bertemu dengan sejum­lah Chief Executive Officer (CEO) perusahaan Australia, di Hotel Shangri-La, Sydney, kemarin. (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Indonesia menawarkan pengusaha Australia, peluang investasi di Tanah Air. Antara lain, pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dan pengembangan kendaraan listrik.

Hal itu disampaikan Presiden Jokowi saat bertemu dengan sejum­lah Chief Executive Officer (CEO) perusahaan Australia, di Hotel Shangri-La, Sydney, kemarin.

“Nilai investasi di IKN capai 25 miliar dolar AS, sangat ter­buka baik di sektor pendidikan, kesehatan, energi dan lainnya,” kata Jokowi.

Jokowi menjelaskan, saat ini pembangunan IKN dengan konsep kota pintar berbasis hutan dan alam sudah mulai dilakukan.

Baca juga : Teken MoU, Indonesia-Australia Siap Jadi Pemain Utama Baterai Dan Mineral Penting

Jokowi memastikan Indonesia merupakan mitra terbaik untuk berinvestasi di kawasan Asia Tenggara.

“Indonesia memiliki potensi tinggi sebagai tujuan investasi dengan kekayaan sumber daya alam, bonus demografi, pasar yang besar, stabilitas ekonomi dan politik yang terjaga,” ujarnya.

Mantan Gubernur DKI Ja­karta ini menyebut, Indonesia dan Australia memiliki potensi besar untuk berintegrasi dalam mengembangkan industri baterai mobil listrik.

“Indonesia sudah targetkan untuk mulai produksi baterai EV tahun depan, serta produksi 1 juta mobil listrik dan 3,2 juta motor listrik di tahun 2035,” terangnya.

Baca juga : Mahasiswa Universitas Paramadina Kenalkan Dunia Kerja Sektor Komunikasi

Selain itu, Indonesia memiliki potensi luar biasa dalam sektor energi hijau. Indonesia memiliki potensi 434 gigawatt dalam bi­dang energi baru terbarukan dari angin, air, panas bumi, biofuel dan surya.

“Saat ini sedang dibangun 30 ribu hektare green industrial park,” lanjutnya.

Terakhir, papar Jokowi, In­donesia juga memiliki peluang investasi di sektor pendidikan dan kesehatan.

“Jumlah penerimaan maha­siswa, meningkat sekitar 20 persen setiap tahunnya. Dan, hampir 2 juta orang Indonesia masih pergi berobat di luar negeri. Sebuah peluang besar bagi investasi di bidang ini,” ujarnya.

Baca juga : Wapres Minta Investor Jangan Takut Garap Proyek Air Minum

Menteri Perindustrian dan Ilmu Pengetahuan Australia Ed Husic yakin kerja sama Indone­sia dan Australia masih dapat ditingkatkan. Terutama di sektor ekonomi.

“Kita dapat mengerjakan lebih banyak kerja sama untuk meningkatkan penguatan ekonomi bagi kedua negara. Termasuk juga peningkatan hubungan people to people,” ujar Ed Husic pada pertemuan tersebut.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.