Dark/Light Mode

MIND ID Komit Jadi Pemegang Saham Pengendali Vale

Rabu, 5 Juli 2023 18:24 WIB
MIND ID Pertahankan Komitmen Jadi Pemegang Saham Pengendali Vale. (Ilustrasi Istimewa)
MIND ID Pertahankan Komitmen Jadi Pemegang Saham Pengendali Vale. (Ilustrasi Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Mineral Industri Indonesia (Persero) atau MIND ID kembali menegaskan komitmennya untuk menjadi pemegang saham pengendali PT Vale Indonesia Tbk. (INCO).

Komitmen MIND ID untuk menjadi pemegang saham pengendali INCO itu didorong oleh tujuan untuk memastikan kebijakan dan strategi bisnis INCO sejalan dengan kepentingan nasional.

Kepala Divisi Institutional Relations MIND ID Selly Adriatika mengatakan, komitmen tersebut juga merupakan salah satu upaya MIND ID meningkatkan nilai tambah dari produksi nikel INCO dengan mengembangkan industri hilir nikel di Indonesia.

Baca juga : PDIP Jaring Bos Kadin Jadi Tim Pemenangan Ganjar

"Kami tetap berkomitmen agar mayoritas saham INCO menjadi bagian dari konsolidasi di Indonesia," ujar Selly dalam keterangannya, Rabu (5/7).

Selly menambahkan, pihaknya yakin bahwa dengan menjadi pemegang saham pengendali INCO, MIND ID dapat memberikan kontribusi yang lebih besar bagi pembangunan industri pertambangan dan mineral di Indonesia, terutama dalam sektor nikel.

Lebih lanjut Selly menjelaskan, MIND ID tetap mendukung kebijakan yang akan ditetapkan oleh pemerintah terkait INCO.

Baca juga : Lawan Persis Jadi Duel Pemanasan Terakhir Persebaya

"Mereka meyakini bahwa keputusan yang diambil akan mengutamakan kepentingan bangsa dan tetap mempertahankan kedaulatan Indonesia dalam pengelolaan tambang di Tanah Air," ujar Selly.

Menurutnya MIND ID akan terus melakukan negosiasi dengan pemerintah dan pihak-pihak terkait untuk mencapai kesepakatan yang saling menguntungkan dan mematuhi peraturan yang berlaku.

Sejak tahun 2019, MIND ID telah memiliki 20 persen saham INCO setelah melakukan akuisisi saham dari Vale Canada Limited dan Sumitomo Metal Mining Co., Ltd. dalam rangka pemenuhan kewajiban divestasi INCO. Namun, MIND ID memiliki keinginan yang lebih besar untuk memegang kendali atas INCO.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.