Dark/Light Mode

Lulus Fit and Proper Test Di DPR

Sah, Agusman Dan Hasan Fawzi Jadi Dewan Komisioner OJK

Senin, 10 Juli 2023 16:43 WIB
Agusman (kiri) dan Hasan Fawzi terpilih jadi bos baru OJK, setelah lolos fit and proper test di Komisi XI DPR, Senayan Jakarta, Senin (10/7).  (Foto: Istimewa)
Agusman (kiri) dan Hasan Fawzi terpilih jadi bos baru OJK, setelah lolos fit and proper test di Komisi XI DPR, Senayan Jakarta, Senin (10/7). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Komisi XI DPR resmi menetapkan Agusman dan Hasan Fawzi sebagai Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (DK OJK), dari empat nama yang diusulkan Presiden Jokowi.

Keduanya, dinyatakan lolos fit and proper test pada hari ini, Senin (10/7). Menyingkirkan Erwin Haryono yang saat ini menjabat Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI). Serta Adi Budiarso, yang saat ini mengemban tugas sebagai Kepala Pusat Kebijakan Sektor Keuangan (PKSK), Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Baca juga : Teknologi IVUS Bantu Diagnosis Dan Penanganan Penyakit Jantung Koroner

Agusman ditetapkan menjadi Kepala Eksekutif Pengawas Lembaga Pembiayaan Perusahaan Modal Ventura, Lembaga Keuangan Mikro (LKM), dan Lembaga Jasa Keuangan (LJK) Lainnya. Sedangkan Hasan Fawzi, mengemban amanah sebagai Kepala Eksekutif Pengawas Inovasi Teknologi Sektor Keuangan (ITSK), Aset Keuangan Digital dan Kripto.

"Yang terpilih sebagai DK OJK adalah Agusman dan Hasan Fawzi. Keputusan pemilihan DK OJK ini, diambil melalui rapat tertutup, dan dilakukan secara musyawarah," papar Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Dolfie Othniel Frederic Palit di Kompleks DPR Senayan Jakarta, Senin (10/7).

Baca juga : Dukung Prestasi Atlet Di Jateng, Ganjar Resmikan Kawasan Olahraga Jatidiri

Agusman yang meraih gelar PhD di bidang Commerce (Finance & Banking) The Australian National University dan MBA dari Curtin University, sebelumnya menjabat Kepala Departemen Audit Internal BI. Pria kelahiran tahun 1965 itu sudah lebih dari 30 tahun mengabdi pada BI. 

Sementara Hasan Fawzi, peraih Master of Business Administration (MBA) dari Universitas LÍAE de Grenoble, Universite Pierre Mendes, Prancis, saat ini tercatat sebagai Direktur Pengembangan Bursa Efek Indonesia (BEI).

Baca juga : Kian Masif, Pemasangan Poster Anies Di Rumah Warga Bisa Jadi Gerakan Sosial

Pria kelahiran 1970 itu juga menjabat Komisaris Independen PT Merdeka Battery Materials Tbk.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.