Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Teken Kerja Sama EBT, Pertamina NRE Perkuat Kolaborasi Transisi Energi

Jumat, 14 Juli 2023 11:01 WIB
Teken Kerja Sama EBT, Pertamina NRE Perkuat Kolaborasi Transisi Energi

RM.id  Rakyat Merdeka - Pertamina NRE menandatangani kerja sama dengan sejumlah mitra strategis memperkuat sinergi untuk mempercepat transisi energi dan mencapai target net zero emission (NZE).

Penandatanganan dilakukan dalam acara EBTKE Conex 2023 di ICE BSD pada Rabu (12/7).

Di hari pertama acara EBTKE Conex setidaknya ada 8 kerjasama yang ditandatangani oleh Pertamina NRE Group, antara lain, pemanfaatan EBT di lingkungan stasiun kereta cepat Jakarta – Bandung dengan Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC), green ventures investment platform dengan MDI Ventures, produksi amonia hijau menggunakan energi nuklir dengan Pupuk Indonesia dan beberapa mitra strategis di Denmark.

Baca juga : Massif Kembangkan EBT, Pertamina Group Teken 9 MoU Di EBTKE ConEx

Pemanfaatan jalur pipa untuk transportasi hydrogen ke Singapura dengan Transportasi Gas Indonesia (TGI), pengembangan wilayah kerja panas bumi Seulawah dengan kapasitas 2x55 MW melalui anak usahanya, Pertamina Geothermal Energy (PGE), dengan Pembangunan Aceh (PEMA), teknologi binari berkapasitas 210 MW dengan Kaishan Orca Indonesia.

Serta kerja sama South Sumatera Grid Resources Confirmation berkapasitas mencapai 900 MW dengan Chevron New Energy International.

Dengan sesama Pertamina Group, Pertamina NRE menandatangani kerja sama terkait komersialisasi karbon pada produksi listrik bisnis panas bumi dengan kapasitas mencapai 40 MW dengan Pertamina Patra Niaga.

Baca juga : Ikut EBTKE ConEx, Pertamina Pamerin Jurus Capai Target NZE

EBTKE Conex merupakan forum strategis dan tahun ini merupakan momentum yang sangat tepat untuk mengakselerasi transisi energi di Indonesia.

"Kolaborasi-kolaborasi kami dengan para mitra strategis merupakan bentuk komitmen kuat kami semua untuk mendukung pemerintah Indonesia mencapai net zero tahun 2060. Terimakasih kepada Menteri ESDM beserta jajaran METI yang sudah menyediakan momen ini sebagai wadah perwujudan komitmen bersama menyongsong energi bersih di masa depan,” ungkap Chief Executive Officer Pertamina NRE Dannif Danusaputro.

Salah satu inisiatif yang sedang menjadi fokus Pertamina NRE saat ini adalah hydrogen bersih.

Baca juga : Genjot Produktivitas Pertanian, Pupuk Kaltim Edukasi Petani Ponorogo

Pertamina NRE telah berkolaborasi dengan banyak mitra strategis baik untuk pengembangan hidrogen bersih.

Kerja sama dengan TGI merupakan bagian dari pengembangan hidrogen di sisi infrastruktur hilir.

Melalui penandatanganan nota kesepahaman ini, Pertamina NRE dan TGI akan melakukan studi kelayakan bersama dengan jangka waktu 3 tahun.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.