Dark/Light Mode

Ini Dia Fasilitas Bagi Disabilitas di Bandara Soekarno-Hatta

Sabtu, 14 September 2019 12:05 WIB
Bandara Soekarno-Hatta kini makin memudahkan akses bagi kaum disabilitas. (Foto:Humas AP II)
Bandara Soekarno-Hatta kini makin memudahkan akses bagi kaum disabilitas. (Foto:Humas AP II)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II dan Kementerian Perhubungan terus mendorong penyelenggaraan pelayanan publik di sektor transportasi, yang ramah bagi kaum disabilitas.

Pada pekan ini, AP II dan Kemenhub mensosialisasikan pelayanan bagi disabilitas di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Kegiatan ini digelar dalam rangka memperingati Hari Perhubungan Nasional 2019.

Sebanyak 60 orang disabilitas dari berbagai organisasi seperti GAUN, GERKATIN, YPAC, MRAD, JFBT, PERTUNI dan Sarana Bina Daksa Budi Bhakti menggelar Focus Group Discussion, terkait layanan publik yang baik di sektor transportasi. Para penyandang disabilitas juga sempat berkunjung ke Stasiun Kereta Bandara dan Terminal 3, untuk mengetahui fasilitas bagi kaum disabilitas.

Baca juga : Ada Gojek dan Grab, Layanan Taksi Online di Bandara Soekarno-Hatta Makin Lengkap

VP of Corporate Communications Angkasa Pura II Yado Yarismano mengatakan, pada Rabu 11 September 2019, di Terminal 3 Soekarno-Hatta juga dilakukan penandatanganan komitmen bersama terkait pelayanan kepada kaum disabilitas.

Penandatangan komitmen dilakukan oleh 23 BUMN dan swasta sektor transportasi udara, darat, laut, dan perkeretaapian.

“AP II berkomitmen untuk selalu menyediakan pelayanan terbaik kepada kaum disabilitas. Bandara-bandara yang kami kelola telah memiliki sejumlah fasilitas khusus bagi  disabilitas. Kami mengajak operator sektor transportasi lain, untuk turut menyediakan layanan terbaik bagi disabilitas," papar Yado.

Baca juga : Pemberi Suap Dirut PTPN III Ditangkap Di Bandara Soetta

“Bandara Soekarno-Hatta merupakan salah satu terminal penumpang pesawat, yang memiliki fasilitas cukup lengkap ramah disabilitas. Kami jadikan sebagai percontohan standar layanan disabilitas di Bandara AP II lainnya,” imbuhnya.

Untuk memudahkan akses bagi kaum disabilitas, Bandara Soekarno-Hatta antara lain menyediakan fasilitas berupa area khusus tempat turun penumpang (drop zone) yang diberi warna kuning, kursi roda, toilet, lift khusus, mobil golf, dan travellator.

Di setiap terminal, juga terdapat kursi prioritas bagi disabilitas. Skytrain sebagai sarana transportasi di dalam kawasan Soekarno-Hatta, juga sangat ramah bagi disabilitas. Selain itu, Soekarno-Hatta juga mengoperasikan bus berlantai rendah (lowdeck) yang ramah bagi pemakai kursi roda di sisi udara, bus dengan fasilitas yang mempermudah pengguna kursi roda di sisi darat, serta menyiagakan personel customer service guna melayani kebutuhan para disabilitas.

Baca juga : AP II Rekrut Kaum Disabilitas Jadi Karyawan di Bandara Soekarno-Hatta

Beberapa waktu lalu, Soekarno-Hatta juga sukses menyambut para atlet disabilitas yang bertanding pada Asian Para Games 2018.

Layanan bagi kaum disabilitas yang terdapat di bandara-bandara AP II, merujuk pada PM Nomor 98 Tahun 2017 tentang Penyediaan Aksesibilitas Pada Pelayanan Jasa Transportasi Publik Bagi Pengguna Jasa Berkebutuhan Khusus.

“AP II dalam waktu dekat juga akan merekrut penyandang disabilitas sebagai personil Customer Service, Terminal Operation Center, dan Contact Center,” pungkas Yado. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.