Dark/Light Mode

Pendekatan Lapangan, Solusi Tepat Bagi Target Market StartUp

Jumat, 21 Juli 2023 22:08 WIB
Balitbanda Provinsi Sumatera Selatan mendukung gerakan Sumsel Mandiri Pangan. (Foto: Kemenkominfo)
Balitbanda Provinsi Sumatera Selatan mendukung gerakan Sumsel Mandiri Pangan. (Foto: Kemenkominfo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pendekatan langsung ke lapangan dengan mengenali perilaku dari user atau target market adalah hal yang penting untuk menentukan masalah dan solusi yang tepat guna.

Hal tersebut disampaikan langsung Founder Palcomtech Group Hendri dalam acara #Hack4ID yang diselenggarakan Kemenkominfo melalui 1000 Startup Digital dengan berkolaborasi bersama Balai Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbanda) Provinsi Sumatera Selatan untuk mendukung gerakan Sumsel Mandiri Pangan.

Baca juga : Pandawa Ganjar Lakukan Baksos Dan Serahkan Tempat Sampah Untuk Warga Di Makassar

“Setiap ada problem, selalu ada solusi. Pertanyaannya adalah, apakah masalah dan solusi tersebut sudah tepat bagi target market? Tidak semua," ujar Hendri dalam keterangannya, Jumat (21/7).

Hendri menambahkan, pihaknya akan memecahkan mana problem dan solusi yang tepat untuk user dan segmennya, salah satunya dengan profiling user.

Baca juga : Peneliti CIPS: Penerapan Sistem Zonasi Dapat Dilakukan Secara Bertahap

Lebih lanjut, Hendri menjelaskan mengenai pentingnya melakukan hipotesis atas masalah dengan memetakan sesuai langkah-langkahnya.

Terdapat empat tahapan, yaitu customer interview, develop a solution profile, minimum viable product, dan validate iteration.

Baca juga : Reaksi Indonesia Usai Serangan Brutal Israel Tewaskan 8 Warga Sipil Palestina

“Develop a solution profile adalah melakukan list atas solusi yang dibutuhkan, kemudian dibuat buyer persona. Intinya kita harus mendapatkan data dari sebagian besar orang yang menjadi sumber informasi kita dalam menentukan masalah dan solusi.

"Dari sini, kita akan dapat gambaran besarnya. Solusi yang kita pikir tepat bisa jadi tidak tepat. Itulah gunanya men-develop solusi, bukan memaksakan solusi,” ujar Hendri.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.