Dark/Light Mode

Kembangkan Industri Hijau, Adaro Serius Dukung Hilirisasi Pemerintah

Senin, 24 Juli 2023 07:30 WIB
Kembangkan Industri Hijau, Adaro Serius Dukung Hilirisasi Pemerintah

RM.id  Rakyat Merdeka - Impian Indonesia memiliki Kawasan Industri Hijau yang menjadi daya tarik bagi para investor hijau, akan segera menjadi nyata.

Smelter aluminium terbesar di Indonesia milik anak usaha Pt Adaro minerals Indonesia tbk, Pt Kalimantan Aluminium Industry, yang berlokasi di tanah Kuning, Kalimantan Utara, kini sedang dalam tahap pembangunan.

Baca juga : Kebakaran Di Karet Kuningan Setiabudi, 12 Unit Mobil Pemadam Diterjunkan

Smelter aluminium ini merupakan bagian dari pembangunan Green Industrial Park oleh Pt Kalimantan Industrial Park Indonesia (KIPI), untuk mendukung program hilirisasi pemerintah.

Presiden Jokowi bahkan turun langsung mengecek progress pembangunan smelter aluminium di tanah Kuning, Selasa (28/2). Bersama menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, menteri Investasi/Ketua BKPM Bahlil lahadalia, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Gubernur Kalimantan Utara Zainal Arifin Paliwang, Bupati Bulungan Syarwani, Ketua Umum Konsorsium Indonesia Garibaldi thohir, Presiden Direktur PT Adaro minerals Indonesia tbk Christian Ariano rachmat, Presiden Direktur PT Kalimantan Industrial Park Indonesia (KIPI) Justarina Sm Naiborhu, dan Presiden Direktur PT Kalimantan Aluminium Industry (KAI) Wito Krisnahadi.

Baca juga : Percepat Kebangkitan Indonesia, Prabowo Siapkan Dasco Jadi Ketua DPR

Terkait hal tersebut, Presiden Direktur PT Adaro minerals Indonesia tbk Christian Ariano rachmat mengatakan, pihaknya sangat mendukung pembangunan smelter aluminium terbesar di Indonesia, untuk menjalankan visi dan misi pemerintah, yaitu hilirisasi mineral Indonesia untuk menghasilkan nilai tambah demi mendukung pendapatan negara dan penerimaan devisa.

“Upaya serius kami untuk mewujudkan proyek ini, diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi Indonesia, antara lain dengan mengurangi impor aluminium, meningkatkan nilai tambah terhadap alumina serta meningkatkan penerimaan pajak negara,” kata Christian.

Baca juga : Golkar Sultra Solid Dukung Airlangga

Pengolahan aluminium, dapat meningkatkan pendapatan pajak dan membuka kesempatan kerja bagi lebih dari 6.000 penduduk lokal, yang dipekerjakan pada tahap konstruksi. Sementara pada tahap operasional, akan menyerap 1.500 pekerja lokal.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.