Dark/Light Mode

BI Tahan Suku Bunga Di Level 5,75 Persen

Selasa, 25 Juli 2023 15:05 WIB
Gubernur BI Perry Warjiyo dan jajaran mengumumkan BI Rate. (Foto: BI)
Gubernur BI Perry Warjiyo dan jajaran mengumumkan BI Rate. (Foto: BI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bank Indonesia (BI) memutuskan untuk mempertahankan BI 7-Day Reverse Repo Rate sebesar 5,75 persen. Kemudian suku bunga Deposit Facility sebesar 5,00 persen, dan suku bunga Lending Facility sebesar 6,50 persen. 

Keputusan ini diambil dalam Rapat Dewan Gubernur (RDG) BI pada 24-25 Juli 2023. 

Baca juga : ADB Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Asia Dan Pasifik 4,8 Persen

Gubernur BI, Perry Warjiyo mengatakan, keputusan mempertahankan BI Rate sebesar 5,75 persen ini konsisten dengan stance kebijakan moneter untuk memastikan inflasi tetap terkendali dalam kisaran sasaran 3,0±1 persen pada sisa tahun 2023 dan 2,5±1 persen pada 2024. 

Fokus kebijakan diarahkan pada penguatan stabilisasi nilai rupiah untuk mengendalikan inflasi barang impor (imported inflation) dan memitigasi dampak rambatan ketidakpastian pasar keuangan global. “Kebijakan insentif likuiditas makroprudensial diperkuat untuk mendorong kredit/pembiayaan dengan fokus hilirisasi, perumahan, pariwisata dan pembiayaan inklusif dan hijau,” ujarnya.

Baca juga : Ganjaran Buruh Kukuhkan Tim Pemenangan Di 50 Perusahaan Di Cirebon

Kemudian, kata Perry, akselerasi digitalisasi sistem pembayaran terus didorong untuk perluasan inklusi ekonomi dan keuangan digital. Bauran kebijakan moneter, makroprudensial, dan sistem pembayaran BI tersebut terus diarahkan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.