Dark/Light Mode

Jaring 20 Juta Produk Lokal, Shopee Launching Gerakan Ekspor UMKM Serentak Di 10 Kota

Rabu, 26 Juli 2023 20:24 WIB
Shopee Indonesia menggelar Program Gerakan Ekspor UMKM serentak di 10 kota. (Foto: Dok. Shopee Indonesia)
Shopee Indonesia menggelar Program Gerakan Ekspor UMKM serentak di 10 kota. (Foto: Dok. Shopee Indonesia)

 Sebelumnya 
Ia mengatakan, peran Shopee dalam meningkatkan daya saing UMKM lokal di dalam dan luar negeri melalui teknologi Shopee yang inklusif.

Sejak menghadirkan Kampus UMKM Shopee dan Kampus UMKM Shopee Ekspor di 10 kota, pihaknya melihat secara langsung besarnya antusiasme pelaku UMKM yang ingin terus berkembang dengan mengikuti pelatihan yang diberikan.

“Hal ini menginspirasi kami untuk memberikan lebih banyak kemudahan bagi UMKM agar bisa belajar dan siap ekspor dengan menghadirkan Bimbel Shopee Ekspor,” kata Handhika.

Shopee berharap dengan kehadiran program baru ini dapat mempermudah lebih banyak UMKM lokal untuk bisa mengibarkan bendera Merah Putih di panggung dunia.

“Sejalan dengan komitmen #ShopeeAdaUntukUMKM, kami ingin terus membawa yang terbaik dari Indonesia ke panggung dunia,” ungkapnya.

Baca juga : Wuling Almaz, Smart SUV Produksi Lokal Dengan Fitur Modern

Sementara itu, dari data Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) pada September 2022 menyebutkan, kontribusi ekspor dari UMKM hanya sebesar 15,7 persen dan punya potensi besar untuk ditingkatkan.

Director and Country Head Sea Group Indonesia Kiky Hapsari mengatakan, Sea Group selaku perusahaan induk Shopee memiliki komitmen untuk mengembangkan dan memperkuat UMKM lokal.

Sejalan dengan komitmen Sea Group, pihaknya terus berusaha memberikan kemudahan akses melalui jaringan global dan teknologi Shopee, salah satunya adalah membuka akses ekspor yang membantu UMKM lokal dapat juga bersaing di panggung dunia.

Tujuan dari gerakan ini tegasnya, adalah membuka ruang kolaborasi dengan pihak-pihak yang memiliki program penguatan untuk UMKM juga bisa memanfaatkan fasilitas yang dimiliki Shopee di 10 Kota.

“Kami sadar bahwa pengembangan kemampuan UMKM dapat terwujud dengan adanya sinergi antara berbagai pihak untuk mencapai tujuan yang sama yaitu memperkuat UMKM agar bisa menembus pasar global,” jelas Kiky.

Baca juga : Tasya Revina Bangga Produk Lokal, Aniverable Siap Kuasai Pasar Internasional

Program Dari Shopee untuk Persiapkan UMKM Lokal Berdaya Saing Global Shopee hari ini mengumumkan serangkaian program baru yang diharapkan dapat mempermudah akses ke pasar global bagi UMKM lokal, melengkapi program yang telah ada.

Beberapa di antaranya yaitu, Kolaborasi Penguatan UMKM EksporMengundang pihak lain untuk turut memanfaatkan fasilitas Kampus UMKM Shopee dan Kampus UMKM Shopee Ekspor di 10 Kota agar pihak-pihak yang memiliki program penguatan untuk UMKM juga bisa memanfaatkan fasilitas ini.

Pihak tersebut dapat menghubungi Kampus UMKM di masing-masing kota untuk pendaftaran dan informasi lebih lanjut.

Lalu program Bimbel Shopee Ekspor, program baru berupa pendampingan intensif lanjutan bagi UMKM terpilih yang telah mengikuti pelatihan di Kampus UMKM Shopee dan Kampus UMKM Shopee Ekspor.

“UMKM akan diberikan pendampingan secara online untuk mempersiapkan toko mereka agar bisa mengikuti Program Ekspor Shopee dengan lebih mudah,” jelas Handhika.

Baca juga : Srikandi Ganjar Gelar Pelatihan Menghias Bento Cake Di Palembang

Selanjutnya, pendaftaran Program Ekspor Shopee & Kampus UMKM Shopee Melalui Kanal Shopee Pilih Lokal, yang telah hadir di laman muka aplikasi Shopee pada 2022.

Kini juga dapat dimanfaatkan untuk mendaftarkan diri untuk mengikuti pelatihan di Kampus UMKM Shopee dan Kampus UMKM Shopee Ekspor, serta Program Ekspor Shopee. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.