Dark/Light Mode

Telkomsel Genjot Digitalisasi Layanan Purna Jual

Rabu, 26 Juli 2023 22:05 WIB
Senior Vice President Consumer Sales Operations Telkomsel Gilang Prasetya. (Foto: Aditya Nugroho/Rakyat Merdeka)
Senior Vice President Consumer Sales Operations Telkomsel Gilang Prasetya. (Foto: Aditya Nugroho/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Telkomsel terus meningkatkan pelayanan purna jualnya kepada pelanggannya dengan digitalisasi. Apalagi, saat ini tren layanan mandiri alias self service terus meningkat.

Hal tersebut dikatakan Senior Vice President Consumer Sales Operations Telkomsel Gilang Prasetya saat media update di Denpasar, Bali, Rabu (26/7).

Baca juga : Resmi Meluncur, Telkomsel One Dukung Kebutuhan Digital Masyarakat

Telkomsel mencatat tahun ini layanan self service dan digital sudah mencapai 61 persen. Sedangkan, layanan konvensional mencapai 39 persen. Pada 2024, Telkomsel menargetkan layanan self service dan digital naik jadi 68 persen, sementara layanan konvensional 32 persen.

“Pada 2025, kami targetkan layanan self service dan digital jadi 84 persen. Sedangkan layanan konvensional jadi tinggal 16 persen,” katanya.

Baca juga : Pemuda Dorong Optimalisasi Cadangan Migas Indonesia

Setelah resmi mengintegrasikan IndiHome, Telkomsel juga mengintegrasikan layanan mereka, yaitu aplikasi MyTelkomsel serta gerai GraPARI dan Plasa Telkom IndiHome. Gerai GraPARI bisa melayani urusan IndiHome dan sebaliknya, Plasa Telkom IndiHome bisa melayani pelanggan Telkomsel. Anak usaha Telkom ini juga meluncurkan Telkomsel One.

Telkomsel secara nasional memiliki 367 GraPARI dan 387 Plasa, tujuh pusat bantuan, empat layanan e-Care dan layanan mandiri 458 MyGraPARI dan 398 Smart Plasa.

Baca juga : Teknologi Digital Kunci ASN Genjot Kualitas Layanan Publik

"Integrasi GraPARI dan Plasa membuat pelayanan kepada pelanggan menjadi tidak terbatas," kata Gilang.

Telkomsel juga mengembangkan chatbot Veronika menjadi lebih humanis dan dipersonalisasi supaya pelanggan merasa layaknya berinteraksi dengan manusia sungguhan. Veronika kini diberikan kemampuan emosi sehingga ketika pelanggan mengutarakan kendala, bisa memberikan respons yang menunjukkan simpati.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.