Dark/Light Mode

Gelar Program Saling Sapa, PKT Genjot Kontribusi Pada Pendidikan Lingkungan

Kamis, 27 Juli 2023 14:19 WIB
Pupuk Kaltim berkomitmen terus meningkatkan pendidikan lingkungan di SDN 014 Penajam, Paseh Utara.(Foto: Dok. Pupuk Kaltim)
Pupuk Kaltim berkomitmen terus meningkatkan pendidikan lingkungan di SDN 014 Penajam, Paseh Utara.(Foto: Dok. Pupuk Kaltim)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim/PKT) dalam upayanya meningkatkan kontribusi pada bidang pendidikan dan lingkungan, menggelar program Sumber Air dan Lingkungan Terjaga Untuk Masa Depan (Saling Sapa) Tahun 2023, melalui inisiatif Employee Voluntary Initiation (Evolution).

Program ini, dilaksanakan di Embung Pupuk Kaltim dan SDN 014 Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara.

Direktur Operasional Pupuk Kaltim Hanggara Patrianta mengatakan, program tersebut mencakup sejumlah inisiatif penting, seperti peluncuran program pipanisasi akses air bersih di IKN Nusantara dan program pembelajaran mengenai lingkungan oleh relawan karyawan Pupuk Kaltim untuk siswa SDN 014 Sepaku.

Baca juga : Telkomsel Genjot Digitalisasi Layanan Purna Jual

Hal ini sebagai bentuk komitmen perseroan, untuk membantu keberlanjutan masyarakat sekitar, salah satunya melalui program pembibitan yang juga bagian dari usaha PKT dalam penurunan karbon pabrik, selain penyediaan akses air bersih.

"Pendampingan dalam pendidikan, sangat penting dan kami menyadari bahwa bidang ini membutuhkan banyak dukungan," ujarnya, melalui siaran pers, Kamis (27/7).

Di kesempatan yang sama, Sekretaris Perusahaan PT Pupuk Kaltim Teguh Ismartono menjelaskan, tugas utama perusahaan sebagai bagian dari badan usaha milik negara (BUMN), selain mencari keuntungan adalah memberdayakan masyarakat sekitar.

Baca juga : Frisian Flag Indonesia Dukung Budaya Inklusif di Lingkungan Kerja

"Fokus kami ada pada tiga sektor, sumber daya manusia (SDM), lingkungan dan UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah," kata Teguh.

Ke depan, dukungan masyarakat sekitar, Pemerintah Daerah (Pemda) dan Pemerintah pusat terus diperlukan agar proses bisnis berjalan lebih baik.

"Tentunya, kalau performa dan keuntungan lebih baik, kontribusi terhadap masyarakat sekitar lebih besar juga," paparnya.

Baca juga : Jelang Pilpres, Politik Singapura Dinodai Korupsi Dan Perselingkuhan

Teguh melihat, antusiasme masyarakat sangat baik terhadap program-program yang telah berjalan.

Diharapkan, hal ini dapat membuat perusahaan semakin dikenal masyarakat, terutama dalam mendukung kesuksesan IKN dan Kota Bontang sebagai daerah penyangga IKN.

"Melalui inisiatif ini, pihaknya turut membuka peluang bagi para karyawan untuk berpartisipasi secara langsung dalam berbagai program, yang berdampak sosial dan lingkungan," ujar Teguh.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.