Dark/Light Mode

Targetkan KKI Tembus Rp 350 M, Bos BI Imbau Beli Produk UMKM Jangan Ditawar

Kamis, 27 Juli 2023 15:39 WIB
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo (kedua kanan) di Opening Ceremony Karya Kreatif Indonesia KKI 2023 di Jakarta Convention Center JCC, Senayan, Jakarta, Kamis (27/7). (Foto: Dok. Bank Indonesia)
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo (kedua kanan) di Opening Ceremony Karya Kreatif Indonesia KKI 2023 di Jakarta Convention Center JCC, Senayan, Jakarta, Kamis (27/7). (Foto: Dok. Bank Indonesia)

 Sebelumnya 
Dalam KKI 2023, BI juga terus mendorong digitalisasi UMKM melalui implementasi Quick Response Indonesian Standard (QRIS).

“Bapak-bapak nanti belanjanya di sini buka handphone, langsung pakai QRIS, di sini juga ada pimpinan perbankan, langsung buka mobile banking langsung transfer bayar. Supaya ibu-ibu juga pakai QRIS, pakai BI-FAST borong produk UMKM KKI 2023. Inilah menjadi legacy (warisan) kepada bangsa ini, kepada UMKM,” kata Perry.

Baca juga : Ganjar Tingkatkan Indeks Pembangunan Manusia Melalui Program SMKN Jateng

Untuk itu dalam mewujudkan kebangkitan UMKM, Perry membeberkan melalui tiga kata kunci dalam meng-create legacy yaitu KIS (Konsisten, Inovasi dan Sinergi).

Pertama, konsisten dalam berbagai upaya untuk meningkatkan kualitas dan nilai tambah produk sehingga dapat meningkatkan daya saing UMKM.

Baca juga : Suap Lukas Enembe Rp 35,4 Miliar, Bos Tabi Bangun Papua Dituntut 5 Tahun Penjara

“Kedua, kami mendorong inovasi agar UMKM dapat menghadapi perkembangan digitalisasi dan tren pasar. Kebangkitan UMKM perlu didukung pula oleh transformasi UMKM yang semakin inovatif, kreatif, dan adaptif sehingga dapat memperluas akses pasar dan jaringan rantai pasok, serta meningkatkan akses pembiayaan,” kata Perry.

Ketiga, sinergi sebagai elemen penting dalam menciptakan kebijakan dan program yang lebih efektif dan efisien antara Kementerian/Lembaga (K/L).

Baca juga : Sukseskan KTT ASEAN, Telkomsel Perkuat Jaringan Di Labuan Bajo

Hal ini untuk mendorong perluasan pasar bagi produk-produk UMKM Indonesia, memperkuat sisi penawaran dalam rangka meningkatkan kualitas dan daya saing produk UMKM, dan memperkuat sisi permintaan dalam rangka mendorong semangat bangga, cinta, dan beli produk dalam negeri. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.