Dark/Light Mode

Genjot Daya Saing UMKM, Erick Dukung Enterpreneur Milenial Medan Go Global

Senin, 31 Juli 2023 21:15 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir terus mendukung enterpreneur milenial unruk meluaskan jaringannya ke pasar internasional. (Foto: Dok Kementerian BUMN)
Menteri BUMN Erick Thohir terus mendukung enterpreneur milenial unruk meluaskan jaringannya ke pasar internasional. (Foto: Dok Kementerian BUMN)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri BUMN, Erick Thohir, mendorong pelaku usaha muda dari Kota Medan untuk meningkatkan daya saing UMKM yang sudah Go Online agar lebih giat menginvasi pasar.

Erick percaya dengan dukungan BUMN, para pengusaha milenial ini dapat mengembangkan usahanya ke pasar Internasional.

Melalui Staf Khusus nya, Arya Sinulingga, Erick membuka ruang diskusi dengan entrepreneur milenial Medan untuk membahas kolaborasi guna menciptakan ekosistem penjualan online yang berfungsi secara efisien dan efektif.

Baca juga : Pengusaha Warteg Makin Solid Dukung Capres Anies Baswedan

“BUMN akan support penuh UMKM yang sudah masuk penjualan secara online, tapi menghadapi kendala. Kita akan menciptakan mekanisme dan sistem untuk menaikkan penjualan mereka," ujar Arya.

Arya yang didampingi perwakilan BUMN dari BNI, BRI, PNM menyampaikan bahwa pelaku UMKM dapat berkolaborasi dengan BUMN lewat program-program yang sudah disediakan.

"Kementerian BUMN siap mendukung percepatan peningkatan kualitas UMKM agar mampu bersaing dengan produk unggulan di kelasnya," ujar Arya dalam keterangan yang diterima, Senin (31/7).

Baca juga : Kementerian BUMN Dorong Entrepreneur Palembang Jadi Penggerak Ekonomi Global

Arya menambahkan, pihaknya sudah menginstruksi bank-bank himbara untuk dukung dari segi pendanaan. Mulai dari KUR sampai ultramikro, semuanya difasilitasi.

"Dari segi pemasaran, kita sudah menempatkan rumah BUMN di rest-rest area, walaupun baru di Jawa. Nanti akan ekspansi ke Sumatera dan sekitarnya," ujarnya.

Menurut Arya nantinya di kantor-kantor BUMN akan ada Vending Machine yang menjual produk-produk, sehingga dari pemasaran UMKM sudah terbantu.

Baca juga : Perketat Dong Aturan Jualan Di Media Sosial

Acara yang gagas oleh Bank Negara Indonesia (BNI) di Hotel Grand City Hall Medan ini, dihadiri 59 pengusaha millennial pelaku UMKM mulai dari FnB, Fashion, Health Beauty dan juga Craft.

Mereka merupakan UMKM binaan BUMN yaitu BNI, BRI, Telkom, PNM dan Mandiri.

"Kita dorong UMKM ini ekpor ke luar. Kita punya BNI Expora yang uda diinstruksikan Pak Erick untuk membantu ekspor UMKM dan Diaspora Indonesia untuk meluaskan bisnis di luar negeri," pungkas Arya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.