Dark/Light Mode

Kemenkop UKM Gaet Mahasiswa ITB Jadi Entrepreneur Milenial

Senin, 12 Juni 2023 17:08 WIB
Menkop UKM Teten Masduki (ketiga kiri) saat memberikan  Kuliah Umum di ITB Bandung, Senin (12/6)./(Foto: Dok. Kemenkop UKM)
Menkop UKM Teten Masduki (ketiga kiri) saat memberikan Kuliah Umum di ITB Bandung, Senin (12/6)./(Foto: Dok. Kemenkop UKM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) mengajak para mahasiswa dari Institut Teknologi Bandung (ITB) untuk menjadi entrepreneur milenial.

Salah satu agendanya, diharapkan partisipasi entrepreneur milenial dari ITB mampu menwujudkan Indonesia menjadi negara maju dengan rasio kewirausahaan minimal mencapai 4 persen.

Baca juga : Kemenkop UKM Tingkatkan Jumlah Wirausaha Lewat Program Entrepreneur Hub Jakarta

Tingkat rasio kewirausahaan Indonesia saat ini masih tertinggal dibandingkan Malaysia, Singapura, Korea Selatan, dan lainnya yang sudah berada di atas 4 persen.

Pemerintah menargetkan di tahun 2024 mendatang rasio kewirausahaan nasional menjadi 3,95 persen dan penumbuhan wirausaha baru sebesar 4 persen.

Baca juga : Gaet Adinda Thomas, View Finder Entertainment Produksi Film Perdana

“Kita ingin menyiapkan entrepreneur baru terutama dari kalangan terdidik salah satunya dari mahasiswa di kampus ITB. Kita ingin kampus menjadi inkubator, sehingga sejak mahasiswa sudah bisa dipersiapkan agar mereka punya rencana bisnis dan didampingi terus usahanya, sehingga begitu lulus sudah punya usaha,” jelas Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki dalam Kuliah Umum di ITB Bandung, Senin (12/6).

Ia mengatakan, pelaku UMKM khususnya dari kalangan terdidik harus mulai merintis usaha dengan berbasis potensi domestik dan berbasis teknologi.

Baca juga : Kemenkop UKM Dan Kementan Teken Kerja Sama Pengembangan Koperasi Di Sektor Pertanian

Dengan dua modal dasar ini akan menjadikan produk UMKM yang diciptakan lebih memiliki daya saing yang tinggi. Terlebih jika produknya berdasarkan hasil riset dan pengembangan.

"Kalau mau memulai bisnis semua harus berbasis digital mulai dari pencatatan hingga proses produksi, semua perlu didigitalisasikan karena dalam perkembangannya bukan lagi aset tapi rekam jejak digital usaha. Jadi semakin sehat akan semakin mudah mendapatkan modal usaha," kata Teten.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.